Ponsel Jadul Ini Manjakan Penggunanya dengan WhatsApp dan YouTube

Ilustrasi nonton video di YouTube.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Ponsel merek India Reliance Jio, Jio Phone, kini resmi bisa mengakses aplikasi WhatsApp dan YouTube di perangkatnya pada Kamis, 20 September kemarin. Artinya, pengguna Jio Phone sekarang bisa chatting menggunakan WhatsApp serta menonton video streaming di YouTube.

Sang Anak Minta Transfer Uang ke Jemaat, Sumber Penghasil Pendeta Gilbert Jadi Sorotan

Mengutip situs India Today, Jumat, 21 September 2018, dukungan WhatsApp ini sudah diumumkan pada 11 September lalu, disusul YouTube delapan hari kemudian. Jio Phone telah mengutak-atik kedua aplikasi tersebut, sehingga kompatibel dengan ukuran layar Jio Phone yang lebih kecil dan mendukung sistem operasi KaiOS.

Hal tersebut karena Jio Phone merupakan ponsel jadul atau feature phone. Sedangkan, layanan WhatsApp dan YouTube biasa dipakai di ponsel pintar atau smartphone. Inilah sebabnya mengapa pengguna mungkin tidak menemukan semua opsi di aplikasi ketika menggunakan smartphone, seperti layar sentuh atau touch screen.

Apple Deletes WhatsApp from App Store in China

Layanan WhatsApp pada Jio Phone menyertakan opsi seperti Kirim Foto dan Video (Send Photos and Videos), fitur Hapus untuk Semua Orang (Delete for Everyone feature), Foto Profil (Profile Photo), Terakhir Terlihat (Last Seen), Blokir (Blocked), Tanda terima Dibaca (Read Receipts), Tampilkan Kode Keamanan (Show Security Code), Grup baru (New Group), dan Opsi Bantuan (Help Options).

Tak hanya itu, foto profil atau nama pada WhatsApp juga bisa diubah pengguna. Fitur Hapus untuk Semua Orang juga tersedia yang memungkinkan pengguna untuk mengingat pesan terkirim. Meski begitu, WhatsApp menghilangkan fitur-fitur utamanya yang tidak bisa dipakai pada Jio Phone.

Apple Hapus Aplikasi WhatsApp dari App Store

Jio Phone 2.

Feature phone Jio Phone asal India.

Fitur tersebut di antaranya Panggilan Suara dan Video (Audio and Video Call Support), Penggunaan Data dan Penyimpanan (Data and Storage Usage), Notifikasi, Undang Teman (Invite a Friend), Situs WhatsApp, Pesan Berbintang (Starred Messages), Siaran baru dan Status (New Broadcast and Status).

Wakil Presiden WhatsApp, Chris Daniels mengatakan, pengguna bisa mengunduh versi WhatsApp yang dirancang khusus pada ponsel Jio Phone dan Jio Phone 2 mereka dengan mengunjungi JioStore.

Ia mengatakan, mirip dengan versi untuk Android dan iPhone, WhatsApp untuk Jio Phone diklaim memiliki enkripsi end-to-end di mana memungkinkan pengguna merekam dan mengirim pesan suara. Demikian halnya dengan YouTube yang WhatsApp bisa diakses di WhatsApp pada versi 1.08.64.

"Jutaan orang di seluruh India kini dapat menggunakan pesan pribadi WhatsApp di Jio Phone. Dengan merancang aplikasi baru ini untuk KaiOS, kami berharap dapat memperluas kemampuan orang-orang untuk berkomunikasi dengan siapa pun di India dan di seluruh dunia dengan menawarkan pengalaman perpesanan terbaik bagi pengguna Jio Phone," kata Chris.

WhatsApp sudah memiliki lebih dari 200 juta pengguna aktif bulanan di India. Basis pengguna ini kemungkinan akan mencapai ketinggian baru dengan debut WhatsApp di Jio Phone yang sejauh ini memimpin di pasar ponsel berfitur di Negeri Bollywood itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya