Waze Kini Bisa Dipakai di Fitur CarPlay, Ada Syaratnya

Tampilan Waze.
Sumber :
  • Dok. Viva.co.id

VIVA – Peta digital Waze kini bisa dipakai di fitur milik Apple, CarPlay. Hal ini karena telah resmi dirilisnya sistem operasi iOS 12, sehingga membuka CarPlay ke lebih banyak aplikasi navigasi pihak ketiga.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Etika Pelajar di Dunia Digital"

Dengan begitu pengguna yang tidak ingin menggunakan Apple Maps, peta digital pesaing Google Maps dan Waze, akan memiliki lebih banyak opsi selama pengembang memutuskan untuk mendukung CarPlay.

Seperti dikutip Ubergizmo, Selasa, 25 September 2018, raksasa teknologi Google membuat Google Maps kompatibel dengan CarPlay, dan kemudian diikuti oleh Waze.

Rencana AS untuk Melarang TikTok Memicu Perpecahan Nasional

Namun, apabila Waze tidak bisa digunakan untuk navigasi, maka pengguna mungkin harus memperbarui ke versi terbaru, yang tentunya, mendukung fitur CarPlay.

"Karena Waze dimiliki oleh Google, maka kami tidak dapat mengatakan bahwa kami sangat terkejut bahwa dukungan akhirnya ada di sini. Tapi ada beberapa perbedaan kecil antara Waze dan Apple Maps," demikian keterangan resmi Apple.

Google Fires 28 Employees Because of Nimbus Project

Misalnya, Google Maps di CarPlay cukup lebih lurus ke versi iPhone. Akan tetapi, Waze di CarPlay memungkinkan pengguna menyesuaikan lebih banyak pengaturan, seperti menggunakan peta siang dan malam hari, begitu pula sebaliknya.

Tak hanya itu, Apple juga dapat mengubah ikon mereka di Waze yang mewakili mobil mereka. Pengguna juga akan mengirimkan informasi ke Waze, seperti kecelakaan, laporan lalu lintas, dan sebagainya.

Syaratnya, pengguna harus memiliki versi terbaru Waze untuk memanfaatkan kompatibilitas baru. "Jadi, segera perbarui aplikasi Anda jika belum melakukannya. Waze adalah unduhan gratis dan dapat ditemukan di App Store," jelas Apple.

CarPlay adalah fitur yang diperuntukkan untuk head unit mobil. Meski beberapa produsen sudah menghadirkan fitur serupa, namun CarPlay berbeda. Sederhananya, CarPlay adalah iPhone pengguna yang bisa dipakai di dalam mobil.

Hal ini diklaim cara paling pintar dan aman untuk menggunakan iPhone ketika sedang berkendara. Cara mengoperasikan CarPlay ada tiga cara yaitu perintah suara, menyentuh layar, dan menggunakan tombol-tombol yang ada di mobil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya