Xiaomi Mi A2 'Bawa' Bug di Fingerprint, Mi A1 Malah Terbakar

Xiaomi Mi A2 dan A2 Lite.
Sumber :
  • Dok. VIVA/ Novina

VIVA – Citra positif tampaknya belum berpihak pada Xiaomi seri Mi A1 dan Mi A2. Ponsel kakak-beradik itu dikabarkan terganjal keluhan dari pelanggan.

Terpopuler: Gamers Harus Wangi, Spesifikasi Xiaomi Pad 6S Pro Harga Rp8 Juta

Belum lama ini, varian Mi A2 menerima komplain dari Mi Fans akibat ditemukannya bug pada pemindai sidik jari atau fingerprint. Hal itu mengakibatkan baterai perangkat cepat habis.

Aduan para Mi Fans ini ada di sebuah thread milik situs Linus Tech Tips. Dilansir dari Android Authority, Rabu, 3 Oktober 2018. Singkatnya, pemakaian Mi A2 ini akibat bug yang mengganggu penggunaan baterai karena memaksimalkan delapan core CPU di ponsel tersebut.

Xiaomi Pad 6S Pro Dijual Rp8 Juta, Begini 'Isi Perutnya'

Meskipun perangkat tidak digunakan, namun delapan core ini tetap aktif. Teknologi tersebut akan berada pada kecepatan maksimal dan menguras daya baterai.

Sementara itu, pendahulunya, seri Mi A1, disebut sebagai ponsel yang cepat panas. Seperti diwartakan Phone Arena, ada ponsel Mi A1 yang meledak ketika sedang diisi daya.

Pabrik Super Canggih Xiaomi Bikin Mobil Listrik Tiap 76 Detik

Aduan itu dikirim ke laman resmi Xiaomi, namun tak disebutkan kapan terjadinya dan di mana. Ia hanya mencantumkan gambar kondisi ponsel yang terbakar, seperti di bawah ini. Laman Reddit masih ramai membahasnya hingga berita ini diturunkan.

Menurut cerita dari aduan itu, pengguna ponsel mengisi daya Mi A1, kemudian ia tidur. Saat bangun di pagi hari, ia menemukan ponselnya terbakar dan merasa beruntung telah menjauhkan posisinya dari ranjang.

Ada beberapa kemungkinan penyebab baterai meledak, mulai dari baterai yang rusak, adaptor pengisian yang buruk, pola pengisian daya dan yang lainnya.

Tidak ada detail tentang kondisi ponsel atau bagaimana pola penggunaan pemilik. Namun ponsel tersebut dilaporkan telah digunakan selama 8 bulan. Menurut sumber itu, insiden tersebut telah dilaporkan ke layanan pelanggan Xiaomi tetapi belum ada tanggapan yang dikeluarkan.

Mi A1 diluncurkan lebih dari setahun yang lalu, dengan layar LCD 5,5 inchi yang membawa resolusi 1080 x 1920, rasio aspek 16: 9. Snapdragon 625 SoC menggerakkan perangkat, yang memiliki fitur RAM 4GB dan penyimpanan asli 64GB.

Sedangkan Mi A2, memiliki layar LCD 6 inci dengan resolusi 1080 x 2160, rasio aspek 18: 9, dan dilengkapi dengan 4GB/6GB RAM dan 32GB/64GB/128GB penyimpanan asli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya