Honor 8X Lawan Dua Andalan Xiaomi, Siapa Unggul?

Honor 8X
Sumber :
  • www.ubergizmo.com

VIVA – Pertarungan smartphone kelas menengah atau mid-end pada tahun ini terlihat sengit. Vendor smartphone saling bersaing pada segmen yang menawarkan fitur menawan dengan harga terjangkau. 

Pendaftaran Petugas PPK Dimulai, KPU Depok Akan Rekrut 55 Orang

Sengitnya kompetisi bisa dilihat dari jarak peluncuran produk terbaru yang berasal dari dua pabrikan China kemarin hanya selang beberapa jam saja. 

Vendor Honor meluncurkan smartphone anyar mereka Honor 8X, dan tak mau kalah Xiaomi meluncurkan dua produk bersamaan, yaitu Redmi Note 6 Pro dan Xiaomi Mi 8 Lite.

Coba-coba Bikin Mobil Listrik, Xiaomi Dibuat Kaget

Meski Xiaomi yang sudah eksis di Indonesia lebih dulu meluncurkan ponsel andalannya, Honor dengan Honor 8X yakin bisa menjadi pengancam lini produk Xiaomi di Indonesia. 

Sebagai pesaing, spesifikasi Honor 8X yang dilabeli 'flagship Killer' bisa disaingkan dengan Redmi Note 6 Pro dan Xiaomi Mi 8 Lite. 

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Honor 8X yang dibandrol Rp3,99 juta ini  punya selisih harga dari Mi 8 Lite cuma Rp300 ribu. Tapi Honor memberikan bundling bonus senilai Rp770 ribu. 

"Sehingga, dengan produk anyar Honor ini pengguna bisa menghemat hingga Rp400 ribu (melebihi selisih harga dengan Mi 8 Lite)" kata Presiden Honor Indonesia James Yang di Jakarta, Rabu 7 November 2018.

Tampilan Honor 8X yang dibalut bahan kaca glossy dan rangka metal terlihat seperti ponsel flagship, meski ponsel ini masuk segmen mid-end. Sedangkan Redmi Note 6 Pro, yang sedikit bahan metal dengan rangka plastik yang menunjukkan tampilan yang berbeda.

Desain Honor 8X dilengkapi dengan teknologi Chip on Film (COF) yang membuatnya memiliki rasio screen-to-body terbesar di kelasnya, hingga 91 persen. Bezelnya juga sangat tipis dengan bentang layar 6,5 inci beresolusi 1080 x 2340 piksel Full HD+. 

Bicara tampilan layar, ini tidak ditemui di Redmi Note 6 Pro, karena besar layarnya hanya 6,26 inci dengan resolusi 1080 x 2280 piksel, lebih kecil dibanding Honor 8X. 

Layar Mi 8 Lite pun hanya 6,26 inci dengan resolusi layar yang juga lebih kecil.

Dapur pacu

Urusan dapur pacu, Honor 8X yakin dengan menggunakan chipset terbaru Huawei Kirin 710 Octa-core (4x2,2GHz Cortex A-73 & 4x1,7GHz Cortex A-53) yang setara dengan Qualcomm Snapdragon 660 milik Mi 8 Lite. 

Tapi kinerja chipset terbaru Huawei tersebut diklaim sedikit lebih unggul dari Snapdragon 660 karena tak menyebabkan boros baterai. 

Adapun Redmi Note 6 Pro, malah masih mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 636 Octa-core 1,8GHz Kryo 260 yang sangat umum digunakan ponsel-ponsel sekelasnya.

Pilihan RAM dan memori internal Honor 8X juga lebih besar, dengan kapasitas 4 GB/128 GB. Bahkan masih bisa diperbesar dengan memori eksternal hingga 400 GB. Sedangkan Redmi Note 6 Pro memiliki pilihan RAM serta memori internal 3 GB/32 GB atau 4 GB/64 GB. 

Adapun Mi 8 Lite hanya memiliki versi RAM dan memori internal 4 GB/64 GB dan tanpa slot memori eksternal.

Teknologi kamera juga bisa diadu, karena sama-sama sudah memiliki teknologi AI Camera System yang menawarkan hasil berbeda dari tangkapan lensa. Honor 8X dilengkapi dual kamera belakang resolusi 20 MP dengan bukaan f/1,8 untuk hasil low light yang baik dan kamera lensa bokeh 2 MP. 

Sedangkan Redmi Note 6 Pro mewarisi kamera Redmi Note 5 AI yang sudah baik, dual kamera resolusi 12 MP bukaan f/1,9 dan kamera 5 MP depth sensor.

Honor 8X dibekali baterai berkapasitas 3750 mAh dan fitur pengamanan fingerprint di belakang. Sementara Redmi Note 6 Pro hadir dengan baterai kapasitas 4000 mAh dan Mi 8 Lite justru hadir dengan kapasitas baterai hanya 3350 mAh. 

Secara kapasitas, baterai Redmi Note 6 Pro memang lebih besar. Tapi kinerja prosesor yang tertanam di dalamnya cukup memengaruhi konsumsi baterai. Honor 8X memiliki prosesor yang diklaim mampu mendukung penggunaan baterai lebih irit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya