Barang Warisan Stephen Hawking Terjual Rp34,3 Miliar

Stephen Hawking.
Sumber :
  • Facebook/Jaime Travezan

VIVA – Barang peninggalan Stephen Hawking terjual total lebih dari 1,8 juta poundsterling atau sekitar Rp34,3 miliar. Beberapa barang fisikawan terkemuka itu dilelang dalam situs Christies. 

Keren, Jurnal Ahkam UIN Jakarta Masuk 100 Jurnal Terbaik Dunia

Ada sejumlah barang yang dilelang. Seperti kursi roda Hawking terjual 296.750 poundsterling (Rp5,6 miliar). Hasil dari penjualan kursi roda itu akan diberikan pada Stephen Hawking Foundation dan Motor Neurone Disease Association. Hawking dalam sebagian besar hidupnya menderita penyakit saraf motorik. 

Selain kursi roda, salinan artikel yang ditulis Hawking pada 1974 mengenai lubang hitam juga terjual. Tulisan berjudul Black Hole Explosions merupakan prediksi Hawking mengenai pelepasan radiasi dari lubang hitam, berhasil terjual 7.500 poundsterling (Rp143 juta)

Mobil China Kian Mendominasi di Rusia

Buku Hawking dengan penjualan terbaik, A Brief History of A Time dengan tanda cap jempol di halaman pertama terjual 68.750 poundsterling (Rp1,3 miliar). Selain itu, skrip penampilannya dari serial The Simpsons ludes dengan harga 6.250 poundsterling (Rp119 juta).

"Dari penjualan itu memberikan pengagum  kesempatan untuk mendapatkan kenang-kenangan kehidupan luar biasa ayah kami, dalam bentuk pilihan kecil yang menggugah dan menarik," kata putri Hawking, Lucy, dilansir dari laman The Guardian, Jumat 9 November 2018.

Daftar Mobil Listrik Terlaris Maret 2024

Anak-anak Hawking berharap bisa melestarikan arsip ilmu pengetahuan Hawking. Situs lelang Christies menangani negosiasi untuk menyerahkan pada otoritas Inggris sebagai pengganti pajak warisan. 

Fisikawan Stephen Hawking lahir 1942. Dia meninggal pada 14 Maret 2018 lalu pada usia 76 tahun. 

Selain sukses menjual barang milik Hawking, situs Christies juga menjual manuskrip Isaac Newton yang terjual 100 ribu poundsterling (Rp1,9 miliar), milik Charles Darwin 50 ribu poundsterling (Rp954 juta) serta barang milik Albert Einstein terjual 32.500 poundsterling (Rp620 juta). 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya