Viral, Robot Laba-laba Ini Buatan Tunawicara Asal Purwakarta

Robot laba-laba karya siswa SLB Purwakarta
Sumber :
  • Twitter/@ahmadsanusi56

VIVA – Biasanya robot diciptakan oleh orang normal. Namun, bagaimana robot buatan orang dengan berkebutuhan khusus. Nah, siswa Sekolah Luar Biasa di Purwakarta, Ahmad Sobandi belakangan menjadi perhatian di Twitter dan media sosial.

Buka Bersama Perhimpunan Tionghoa, Istri Gus Dur Ingatkan Kemajemukan Indonesia

Bagaimana tidak, Sobandi yang merupakan warga Cilegong Utara, Kecamatan Jatiluhur, Purwakarta ini, ternyata tunawicara dan tunarungu. Namun, Sobandi menciptakan robot laba-laba dari barang bekas elektronik. 

Sobandi yang berusia 28 tahun ini menciptakan robot laba-laba. Robot buatannya itu bisa bergerak layaknya hewan hidup terdiri dari bahan seperti kabel, penjepit kertas, baterai, alat solder sampai tang. 

Berprestasi di Ajang Internasional, Atlet NPC Sumut Diguyur Bonus Rp3,1 Miliar

Dalam video yang beredar di Twitter, robot laba-laba Sobandi ini bisa dikendalikan dengan menggunakan remote control

Postingan robot laba-laba Sobandi ini viral di Facebook dan Twitter. Banyak respons atas postingan robot laba-laba Sobandi tersebut. 

Al-Qur'an for All: Hadirkan Iqro'na untuk Penyandang Disabilitas

Beberapa tokoh Jawa Barat dan Purwakarta, di-mention untuk memberikan perhatian kepada Sobandi. Beberapa pengguna Twitter me-mention akun Twitter Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyani, supaya bertindak. 

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya