Siap-siap, Ini Jadwal Update Android Pie untuk ZenFone 5 Series

Asus Zenfone 5 dengan bentang layar 6,2 inchi.
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Raksasa teknologi asal Taiwan, Asus, akan segera melakukan update sistem operasi Android 9.0 Pie untuk ZenFone 5 Series. Jika tidak ada aral melintang, pengguna ZenFone 5, ZenFone 5Z, dan ZenFone 5Q dipastikan akan dapat menikmati sistem operasi Android terbaru ini pada tahun depan.

Si Mungil Asus Zenfone 9 yang Punya Kamera Anti-Ghosting

Saat ini, sistem operasi Android Pie 9.0 untuk Asus ZenFone 5 Series sedang dalam tahap pengujian. “Semua pengguna ZenFone 5, ZenFone 5Z, dan ZenFone 5Q akan dapat menjajal beragam fitur baru di Android Pie," kata Country Manager Asus Indonesia, Jimmy Lin, di Jakarta, Rabu, 21 November 2018.

Ia mengatakan, update sistem operasi ini akan didistribusikan secara otomatis melalui firmware-over-the-air (FOTA). Jimmy juga menjelaskan bahwa pengguna ZenFone 5 akan bisa menjajal Android Pie di awal kuartal I-2019, sedangkan untuk ZenFone 5Z dan 5Q, keduanya baru bisa menikmati pada akhir Januari 2019.

Dibuat di Indonesia, Kok Launching Asus Zenfone 6 Lama Banget?

"Pengguna ZenFone 5 Series secara otomatis akan mendapat notifikasi ketika update Android 9.0 Pie telah tersedia. Pengguna juga bisa langsung mengunduhnya lewat metode FOTA untuk memulai proses instalasi," tuturnya.

Jimmy melanjutkan, ketika update telah selesai diunduh maka sebuah notifikasi akan muncul dan pengguna bisa memulai melakukan update. Proses instalasi update Android 9.0 Pie akan berlangsung beberapa menit dan perangkat akan melakukan restart sebanyak dua kali.

Kado 30 Tahun, Asus Bikin Kejutan Spesial Antimainstream

Bukan itu saja. Jimmy mengaku bila Asus juga menyediakan opsi update manual untuk perangkat yang tidak mendapatkan notifikasi update Android 9.0 Pie melalui FOTA. Update manual ini, lanjut dia, akan tersedia satu pekan setelah update melalui FOTA tersedia ke publik.

Prosedur update manual ini dihadirkan untuk memastikan semua perangkat ZenFone 5 Series bisa mendapatkan update sistem operasi Android Pie.

Prosedur update manual juga sangat mudah dilakukan, yaitu dapat diakses melalui menu the Settings > System > System Updates. Sistem akan memeriksa ketersediaan update tersebut dan pengguna bisa langsung melakukan instalasi. Selama proses instalasi, perangkat juga akan melakukan restart sebanyak dua kali.

“Jika tidak ada notifikasi update, pengguna bisa menggunakan prosedur update secara manual. Lewat prosedur ini kami pastikan tidak ada pengguna ZenFone 5 Series yang tertinggal dan tidak bisa menikmati Android Pie," papar Jimmy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya