Superkomputer Ini Penentu 'Nasib' Nuklir Amerika Serikat

Superkomputer Sierra
Sumber :
  • Instagram/@4prototypes

VIVA – Amerika Serikat punya superkomputer baru yang bakal menjadi elemen penting dalam peluncuran senjata nuklir mereka. 

Situasi Makin Gawat, Israel Targetkan Serang Wilayah Nuklir Iran di Kota Isfahan

Superkomputer yang dimaksud bernama Sierra yang terletak di Lawrence Livermore National Laboratory, California. Sierra bukan sembarang superkomputer, sebab dilabeli sebagai superkomputer paling dahsyat kedua di dunia. 

Sierra telah selesai dibuat pada awal tahun ini dan menjalankan beberapa tugas mulai dari memodelisasi gempa bumi, menjalankan simulasi kanker, mengeksplorasi cedera otak traumatik dan misi lainnya. 

Ada Apa di Kota Isfahan Iran yang Baru Saja Diserang Israel?

Namun pada awal tahun depan, Sierra akan menjalankan tugas sesungguhnya yang berbeda dengan superkomputer lain di dunia ini. 

Dikutip dari The Verge, Rabu 21 November 2018, mulai awal 2019 superkomputer Sierra akan diubah menjadi 'air grapped'. Perubahan ini Sierra akan terputus dari jaringan eksternal. Tujuannya untuk mencegah akses tak berizin ke superkomputer ini. 

Ngeri Peringatan Terbaru Iran kepada Israel, Mulai Sebut Nuklir

Selanjutnya Sierra akan menjalankan tugas penting, yakni simulasi peluncuran dan peledakan senjata nuklir Amerika Serikat.  

Amerika Serikat memang membutuhkan superkomputer untuk mendukung persediaan nuklirnya yang sangat besar. Insinyur dan fisikawan yang bertugas pada fasilitas superkomputer itu mengatakan, Sierra akan menampilkan bagaimana peledakan nuklir. 

  
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya