Melihat 2 Robot Epson yang Baru Masuk Indonesia, Tak Pakai Baterai

Robot Epson T3
Sumber :
  • Dok. VIVA/ Misrohatun

VIVA – Perusahaan teknologi asal Jepang, Epson, membawa dua produk barunya, robot SCARA yang merupakan bagian dari seri T di Indonesia, yaitu Epson T3 dan T6. Tak seperti generasi sebelumnya, kedua robot ini didesain agar pemasangannya lebih simpel.

Epson Undang Fotografer se-Asia Tenggara

Country Manager Epson Indonesia, Shimizu Tomoya, mengatakan, kedua robot tidak memiliki baterai, melainkan beroperasi menggunakan kabel. Hal ini membuat pemasangannya lebih mudah. Hanya kurang dari lima menit, robot sudah dapat dirakit dan dihubungkan dengan software.

Robot T3

Bea Cukai Beri Izin Perlakuan Tertentu ke Epson Indonesia

Robot ini merupakan perangkat termurah dibanding seri lainnya. Umumnya digunakan untuk industri sparepart yang benda-bendanya memiliki maksimal berat hingga tiga kilogram saja. Kelebihan lainnya ialah daya yang digunakan robot, 30 persen lebih hemat.

T3 juga memiliki desain kelas menengah dan serbaguna. Ia bisa digunakan untuk mengatur barang produksi berdasarkan bentuk dan warna. Untuk produk ini dibanderol Rp126 juta belum termasuk perangkat lunak.

Epson Luncurkan Dua Printer Foto Baru

Robot T6

Sesuai dengan namanya, T6 dapat mengangkat beban hingga enam kilogram. T6 memiliki kelebihan menghemat ruang, irit waktu pengaturan dan meminimalisir down time.

"Robot-robot ini membawa sejumlah menu pengaturan yang baru, bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam mengatur perangkat serta membantu meningkatkan produktivitas, khususnya pelanggan yang ada di sektor manufaktur," kata Tomoya saat acara perkenalan robot di Jakarta, Rabu, 5 Desember 2018.

Kedua perangkat memiliki kontrol pada bagian dalam robot, sehingga lebih hemat ruang, menyederhanakan pengaturan, dan pemindahan gerak robot akan jauh lebih cepat dan mudah. Karena lebih ringkas, produsen bisa menggunakan ruang yang tersisa untuk dijadikan tempat yang lebih produktif lagi.

Robot-robot ini dirancang dengan kabel yang lebih pendek pada bagian atas. Saluran model seperti ini menjadikan perangkat lebih stabil dan meminimalisir getaran. Untuk seri T6 dibanderol Rp162 juta dan belum termasuk software.

Keduanya akan tersedia di pasaran mulai Januari 2019. Produk ini memiliki garansi hingga satu tahun dan diklaim dapat bertahan hidup hingga tujuh tahun. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya