Menjajal Ponsel 2 Layar, Vivo Nex Dual Display

Vivo Nex Dual Display Edition.
Sumber :

VIVA – Model smartphone masa depan sepertinya kian meninggalkan konsep desain konservatif. Pernahkah kamu membayangkan akan menggenggam ponsel dengan dua layar, di depan dan belakang?

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Akan tetapi, Vivo benar-benar telah menghadirkannya. Pada Selasa, 11 Desember 2018, Vivo telah memperkenalkan ponsel layar ganda, Vivo Nex Dual Display Edition, di China.

Konsep dua layar ini sepertinya untuk menyingkirkan masalah notch yang dinilai mengganggu kenyamanan visual. Selama ini, produsen ponsel berlomba-lomba dengan idenya meminimalkan poni dengan mengusung layar sliding hingga lubang di layar.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Sedangkan Vivo, telah berani mengambil langkah radikal dengan tampilan dua layar yang membuatnya berbeda dari ponsel lainnya. Salah satu bagian layar diharapkan benar-benar full screen, tanpa diganggu lekukan poni yang menjadi 'rumah' kamera depan.

"Kami tidak ingin menawarkan handset yang terlihat seperti iPhone. Kami ingin merancang dan memberikan sesuatu yang benar-benar inovatif dan berbeda,” kata Direktur Desain Vivo, Kyle Xiao, saat acara peluncuran produk di Shanghai, China, dikutip dari South China Morning Post, Rabu, 12 Desember 2018.

Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Pro Plus 5G: Desain Unik, Performa Gahar dan Harga Terjangkau

Jadi, pada Vivo Nex layar ganda ini, jangan berharap menemukan kamera selfie di depan layar. Karena Vivo memasangnya di bagian belakang. Namun jika ingin memotret menggunakan kamera belakang, bisa menggunakan layar depan.

Selanjutnya mari kita bahas spesifikasi. VIVA Digital menghimpun informasi tentang Vivo Nex dual display dari berbagai sumber. Pada layar bagian depan terlihat seperti smartphone biasa, dengan Super AMOLED 6,3 inci, dan rasio layar ke tubuh 91 persen.

Di layar belakang, tersemat kamera selfie yang juga disebut sistem kamera utama. Ada tiga sensor, yaitu shooter 12MP, kamera video malam 2MP, dan flight lens yang merupakan kamera 3D.

Rasio layar dan tubuh pada bagian belakang berbeda dengan di depan, dengan bentang yang lebih sempit. Hal ini bisa dipahami karena terdapat sistem kamera dan komponen lunar ring.

Lunar ring berfungsi sebagai pemberi cahaya jika pengguna ingin selfie. Cahaya putih yang dipancarkannya secara melingkar juga menunjukkan notifikasi dan dapat berkedip-kedip seiring suara pemutar musik.

Kelebihan istimewa lainnya dari Vivo Nex layar ganda adalah Snapdragon 845, prosesor mutakhir dari Qualcomm yang mendukung kecepatan tingkat tinggi bagi kinerja ponsel. Ditambah lagi 10 GB RAM, dan kapasitas penyimpanan 128GB.

Sayangnya, Vivo tak mengumumkan apakah Nex Dual Display akan disebar secara global, termasuk ke Indonesia. Di China sendiri, produk ini mulai tersedia di pasaran pada 29 Desember 2018 dengan harga 4.998 yuan atau setara Rp10,6 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya