Konten Dewasa Perlahan Hilang dari Tumblr

Tumblr.
Sumber :
  • Flickr/Cuckingfunts

VIVA – Pemblokiran konten dewasa di jejaring sosial Tumblr mulai efektif awal minggu ini. Foto-foto syur akan menghilang dari penglihatan publik. Menurut Tumblr, postingan yang dikenai sebagai konten eksplisit akan menghilang.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Promosi Budaya Indonesia Lewat Konten Digital"

Selain itu pihak media sosial juga berharap tools otomatis mereka akan akurat dalam mengambil konten negatif. Dalam pernyataannya, Tumblr meminta maaf atas transisi kebijakan ini.

"Kami menyesal ini bukan transisi yang mudah dan kami tahu kami bisa melakukan pekerjaan yang lebih baik menjelaskan apa yang kami lakukan," kata pihak Tumblr, dilansir dari The Verge, Selasa, 18 Desember 2018.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Nobar Kreatif di Dunia Digital Sejak Dini

Setelah Tumblr mengumumkan akan memblokir konten dewasa, pengguna akan melihat postingan hewan seperti kura-kura, anjing, dan boneka ditandai sebagai eksplisit.

Foto yang berisi kulit dalam celana ketat ataupun belahan dalam sebuah peragaan busana juga mengalami hal yang sama. Tumblr mengatakan bahwa konten yang ditandai hanya akan disembunyikan, bukan dihapus.

Menjelajahi Ruang Digital Tanpa Batas

Postingan masih bisa muncul walaupun setelah dihilangkan dari penglihatan publik. Tumblr mengumumkan kebijakan baru memerangi konten dewasa pada awal bulan ini.

Para penggunanya ada yang mengkritik karena adanya perbedaan gender namun adapula yang mendukung kebijakan ini.

Dalam kesempatan lain, Dirjen Aptika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, mengatakan belum ada surat resmi dari Tumblr menerangkan kebijakan baru tersebut.

"Ya, kalau sudah ada surat resmi dari mereka akan jadi bukti platform Tumblr bebas konten porno. Kami siap buka akses Tumblr di Indonesia," kata Semuel. (msf)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya