4 Langkah Membuat Kinerja PC Seperti Baru Lagi

Ilustrasi komputer
Sumber :
  • www.pixabay.com/jonathansautter

VIVA – Seringkali kita merasakan kinerja PC yang sudah menurun. Menurunnya kinerja ini tentu disebabkan satu dan lain hal. Perangkat PC biasanya digunakan untuk tugas-tugas berat, seperti editing video, desain grafis dan lain-lain.

4 Rekomendasi Komputer Tanpa CPU untuk Pekerja Kantoran hingga Content Creator

Berdasarkan keterangan tertulis Western Digital, Sabtu, 29 Desember 2018, untuk kembali meningkatkan performa perangkat, ada empat langkah sederhana untuk mengembalikan performanya seperti baru lagi.

1. Upgrade penyimpanan ke SSD

8 Alat untuk Melihat Hilal, Ada Tongkat

Untuk meningkatkan kinerja PC, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan upgrade sistem penyimpanan internal ke SSD (solid state drive). Sebagai perbandingan, 10.000 RPM HDD (hard disk drive) memiliki kecepatan 140MB per detik, sedangkan WD Blue 3D NAND memiliki kecepatan hingga 560 MB per detik. 

Artinya, upgrade dari HDD ke SSD dapat meningkatkan kecepatan PC hingga empat kali lipat. Proses booting, permainan, hingga perpindahan antar aplikasi pun dapat lebih terakselerasi dan tidak lagi lelet.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Tidak hanya membuat performa PC lebih cepat, penyimpanan SSD juga lebih fleksibel dan tahan lama. Hal ini dikarenakan SSD sudah menggunakan teknologi chip, bukan disk yang mudah rusak ketika tergores atau jatuh.

2. Pindahkan data yang tidak dipakai

Jika memori perangkat penuh, maka kinerjanya akan terhambat. Pindahkan beberapa data berkapasitas besar, seperti foto dan video ke penyimpanan eksternal.

Salah satu produk dari Western digital, My Passport SSD menawarkan kecepatan transfer file yang sangat besar, dengan kapasitas hingga 2TB. Sehingga dokumen ini dapat diakses kapan saja dan di mana saja, tanpa menghabiskan kapasitas internal perangkat.

3. Uninstall program yang tidak terpakai

Pilihlah program yang tidak pernah digunakan, dan uninstall untuk menghemat kapasitas penyimpanan. Caranya buka control panel, lalu pilih uninstall a program, centang pilihan last used on untuk mencari tahu aplikasi mana yang paling jarang digunakan, klik kanan, pilih uninstall.

4. Lakukan disk cleanup

Disk cleanup dapat menghapus ratusan megabyte-gigabyte. Dengan menghapus data-data yang tidak diperlukan oleh sistem PC, dan mengosongkan recycle bin.

Caranya pilih my computer, klik kanan di hard drive, klik properties, lalu klik menu disk cleanup. Pilih bagian drive yang hendak dibersihkan, lalu jalankan disk cleanup. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya