WhatsApp Bikin Panik, Diam-diam Hapus Pesan Milik Pengguna

Aplikasi WhatsApp.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Jika kamu memiliki kenangan indah yang tersimpan di obrolan WhatsApp, sebaiknya segera mencadangkannya. Aplikasi milik Facebook itu dikabarkan menghapus pesan tanpa peringatan kepada pengguna terlebih dahulu. 

Menyelami Dampak Negatif FOMO pada Pengguna Media Sosial

Seperti dikabarkan The Sun, 15 Januari 2019, beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka kehilangan pesan yang tersimpan di WhatsApp pada tahun lalu. Dan, WhatsApp sepertinya melakukannya secara acak. 

Masalah ini pertama kali dilaporkan kepada pakar WhatsApp, WABetaInfo, yang memposting peringatan itu ke Twitter.

Waspada Penipuan Kerja Paruh Waktu yang Marak di Shopee

Di dalamnya, penggemar WhatsApp terkesan bingung dan menjelaskan bahwa pesan mereka mulai menghilang beberapa minggu lalu.

Pesan itu berbunyi: "Sejak bulan lalu riwayat obrolan telah menghilang secara kronologis. Sekarang tren telah berubah, setiap pagi saya menemukan satu atau dua obrolan telah menghilang.

Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini

Saya telah mencoba meng-install ulang aplikasi hampir lima kali dan mengatur ponsel saya juga tetapi tidak ada yang berubah."

Sebagai balasan untuk tweet itu, lusinan penggemar WhatsApp lainnya mengklaim obrolan mereka juga lenyap.

"Obrolan yang lebih tua dari Juni 2018 hilang", seorang pengguna mencuit.

Yang lain menulis: "Beberapa obrolan dari tahun 2015 saya telah menghilang secara acak."

Salah satu pengguna yang patah hati mengatakan dia panik setelah WhatsApp menghapus pesan pertama yang dia kirim ke seorang wanita yang sekarang menjadi istrinya.

Perubahan itu tampaknya hanya memengaruhi pengguna di Android. Sementara penggemar Apple terhindar dari tindakan brutal itu.

Jika ditelisik, tindakan WhatsApp trsebut tak mungkin merupakan kesalahan atau taktik yang tak disengaja. 

WhatsApp mungkin menghapus obrolan lama agar bisa membuat lebih banyak ruang untuk server-nya, yang memproses sekitar 65 miliar pesan setiap hari.

Sebelumnya pada November tahun lalu, WhatsApp mengumumkan akan segera mulai menghapus pesan-pesan lama jika mereka tidak di-back up di Google Drive.

Hingga saat ini, belum ada komentar dari pihak WhatsApp terkait penghapusan pesan itu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya