Sebelum Windows 7 Tamat, Lakukan Persiapan Ini

Windows 7
Sumber :
  • mobilewhack.com

VIVA – Perusahaan perangkat lunak Microsoft dikabarkan akan mengakhiri dukungan untuk Windows 7 mulai 14 Januari 2020 mendatang. Sistem operasi tersebut mulai diluncurkan pada 2009 silam, dan akan berulang tahun yang ke-10 pada Juli nanti.

Atas Nama Keamanan, Chrome Tidak Lagi Pakai Windows 7

Meski telah hadir perangkat lunak versi terbaru, yakni Windows 10, seri Windows 7 masih banyak digunakan. Menurut perusahaan analitik, Net Applications, Windows 7 masih menjalankan tugasnya pada 42,8 persen komputer personal (PC).

Jika kamu termasuk pengguna Windows 7, tak perlu panik. Microsoft akan berhenti menyediakan pembaruan keamanan untuk Windows 7. Hal itu berarti, untuk sementara perangkat Windows 7 masih bisa digunakan, tapi cenderung menjadi lebih rentan terhadap ancaman online seperti malware.

Banyak Pengguna Komputer Mengeluh Tak Bisa Unduh Windows 11

Jika ingin aktivitas digital tetap lancar dan aman, sekarang saatnya mengambil pertimbangan dan persiapan. Apa saja?

1. Beli lisensi Windows 10
Windows 10 merupakan sistem operasi paling mutakhir dari Microsoft. Secara teoritis, perangkat lunak ini masih mendukung keamanan tak terbatas selama pengguna terus mengunduh pembaruan fitur.

Tips Singkat Lengkap Cara Instal Windows 10

Namun, faktor harga bisa jadi memberatkan bagi sebagian kalangan, kecuali membeli yang tak berlisensi resmi. Selain itu, kinerja mesin lama kemungkinan tak selaras dengan perangkat lunak terbaru.

Misalnya, kamu membeli PC ketika Windows 7 pertama kali dirilis pada tahun 2009. Tak mungkin ia mampu memberikan performa Windows 10 yang baik, karena tidak akan cukup kuat untuk menangani fitur-fitur operasi terbaru.

2. Beli laptop baru
Membeli laptop baru cukup disarankan. Terutama jika perangkat yang kamu gunakan sudah cukup tua.

Menurut studi dari SMB (small and medium-sized business) global, riset pasar Teknologi Informatika, dan organisasi analis Techisle mengklaim, bahwa biaya menjaga PC yang berusia lebih dari empat tahun sama dengan membeli mesin baru.

Jika ingin menabung untuk membeli laptop baru, masih ada waktu setidaknya hingga satu tahun ke depan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya