Kejar Penunggak Utang Bisa Lewat Aplikasi

Ilustrasi membuka aplikasi di gadget atau gawai.
Sumber :
  • IBM

VIVA – Pemerintah China baru-baru ini merilis aplikasi bernama Map of Deadbeat Debtors yang mampu mendeteksi warganya yang memiliki denda dalam jarak 500 meter. Aplikasi ini bisa dideskripsikan sebagai peta penagih utang bagi masyarakat yang malas atau tidak mau membayar.

Rencana AS untuk Melarang TikTok Memicu Perpecahan Nasional

Map of Deadbeat Debtors tersedia melalui platform WeChat yang sedang populer di China. Mengutip situs Metro, Sabtu, 2 Februari 2019, aplikasi ini juga memungkinkan warganya untuk saling melaporkan.

Di negara berjuluk Tirai Bambu ini orang yang berutang dikenal dengan 'laolai' atau orang yang memiliki sifat merugikan orang lain. Bukan itu saja, aplikasi tersebut memiliki tampilan layaknya radar yang warnanya kerap berubah. Tergantung dari orang-orang yang berada di lokasi.

Apple Hapus Aplikasi WhatsApp dari App Store

Apabila layarnya diklik maka Map of Deadbeat Debtors langsung mengungkap informasi pribadi seseorang yang berutang. Pengadilan Tinggi Rakyat Hebei, China, tempat di mana Map of Deadbeat Debtors dirilis, meyakini bahwa tekanan publik akan membuat warganya membayar denda.

"Ini adalah bagian dari langkah-langkah kami untuk menegakkan kebijakan dan menciptakan lingkungan, yang secara sosial, dapat dipercaya," demikian keterangan resmi Pengadilan Tinggi Rakyat Hebei. Meski begitu, aplikasi ini akan beroperasi sepenuhnya pada 2020.

Utang Luar Negeri RI Februari 2024 Naik Jadi US$407,3 MIliar, Ini Penyebabnya

China dilaporkan memiliki sistem penilaian kredit yang rumit dan otomatis terhadap warga negaranya. Data Pemerintah China menyebut, ada sekitar 18 juta orang dilarang untuk terbang karena memiliki keterbatasan uang yang mereka miliki. (mus)

Ilustrasi mengemudi di malam hari

Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini

Seorang wanita mengalami larangan menggunakan layanan Uber hanya karena memiliki nama Swastika Chandra. Ini membuatnya terkejut. Hal ini karena sentimen terhadap NAZI.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024