Bahaya! Sejumlah Aplikasi di iPhone Rekam Layar Tanpa Izin

Perangkat iPhone.
Sumber :
  • bgr

VIVA – Apple mendapati sejumlah aplikasi di iPhone yang merekam aktivitas layar penggunanya. Tindakan itu merupakan pelanggaran yang membuat Apple akhirnya turun tangan.

Menko Luhut Siap Beri Insentif ke Apple Agar Mau Berinvestasi di RI

Perusahaan gadget premium itu telah memberitahu pengembang untuk menghapus atau menutup penggunaan kode analitik yang memungkinkan perekaman ilegal tersebut.

"Melindungi privasi pengguna adalah hal penting bagi ekosistem Apple. Pedoman peninjauan App Store kami meminta persetujuan pengguna dan memberikan indikasi visual saat mereka mencatat atau membuat catatan dari aktivitas pengguna," kata Apple dilansir laman Tech Crunch, Jumat, 8 Februari 2019.

Permudah Layanan Perusahaan KITE, Bea Cukai Banten Luncurkan SIAP KABAN

Dalam pemberitahuannya pada pihak pengembang, Apple mengatakan mereka mengetahui aplikasi itu menggunakan perangkat tertentu untuk mengumpulkan data pengguna.

Menurut Apple, sebelum perekaman layar dilakukan, pengembang aplikasi harus meminta izin dan menginformasikan pada pengguna.

Arti 'i' Kecil dari kata iPhone

"Aplikasi harus meminta persetujuan pengguna secara eksplisit dan memberikan indikasi saat merekam, mencatat atau merekam aktivitas pengguna," kata Apple dalam pemberitahuan kepada pihak pengembang.

Apple juga memberikan waktu kurang dari sehari bagi pengembang menghapus kode tersebut dan re-submit aplikasi mereka. Jika tidak dipenuhi, maka aplikasi tersebut akan dihapus dari App Store.

Sebelumnya, sejumlah aplikasi dikabarkan menggunakan tools analisa dari pihak ketiga untuk merekam kegiatan pengguna melalui aktivitas layar.

Dari sejumlah aplikasi, tidak ada yang meminta izin maupun menyebutkan bahwa mereka akan merekam aktivitas pengguna.

Salah satu tools yang digunakan tersebut bernama Glassbox. Alat itu memiliki fungsi analitik lintas platform yang bisa membuat perusahaan mengintegrasikan teknologi perekaman layar ke dalam aplikasi mereka untuk melihat aktivitas pengguna.

Selain di App Store, pengembang juga dikabarkan membawa tools tersebut di platform Android.

Sementara itu, Google belum berkomentar lebih lanjut, termasuk apakah akan memberlakukan larangan terhadap kode screen recording.

Sejauh ini, peraturan yang berlaku di Google Play secara tegas melarang aplikasi secara rahasia mengumpulkan informasi tentang pengguna. (ann)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya