Jangan Kaget, Tampilan Status WhatsApp Akan Berbeda

Ilustrasi sejumlah ikon media sosial.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – WhatsApp akan melakukan perubahan pada fitur Status. Platform pesan instan itu dikabarkan sedang melakukan uji coba untuk mengubah susunan kontak pengguna pada lini masa fitur tersebut.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Selama ini, susunan Status pada WhatsApp diurutkan berdasarkan kronologi waktu posting. Seperti dilaporkan Mashable, Kamis, 14 Februari 2019, dengan adanya perubahan ini, berdasarkan algoritma WhatsApp, urutan Status akan menjadi: yang teratas adalah kontak yang paling sering berinteraksi atau berkirim pesan dengan pengguna.

Perubahan ini agak mengejutkan karena WhatsApp dinilai sebagai platform yang selalu menekankan soal privasi. Itulah sebabnya mereka menerapkan pesan terenkripsi yang tidak mengumpulkan banyak data dari pengguna.

Video Pengendara Motor Tertabrak Pikap, Terpental hingga Masuk Selokan

Berbeda dengan induk perusahaannya, yakni Facebook. Situs media sosial besutan Mark Zuckerberg itu memiliki sejarah kelam dengan sistem algoritma, saat mengubah News Feed pada antar muka tampilannya.

Instagram pun mengalami hal yang sama. Algoritma cenderung tak disukai pengguna dan perusahaan harus berulang kali memberikan keterangan pada publik, mengenai tuduhan telah menyembunyikan postingan.

Apple Deletes WhatsApp from App Store in China

Uji coba tampilan baru status WhatsApp dilakukan pada kelompok kecil pengguna iPhone di Brazil, Spanyol dan India. Menyusul kemudian pengguna Android.

Dari kabar yang beredar, setelah uji coba pertama ini, WhatsApp akan roll out susunan tersebut pada wilayah yang lebih luas lagi.

Perilisan tahap demi tahap itu dilakukan untuk menghindari potensi kebingungan pada pengguna yang bisa terjadi di masa mendatang. Mengingat ada 450 juta orang yang menggunakan fitur Status setiap hari. (ann)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya