Cara Setop Auto-Download Foto pada WhatsApp

Ilustrasi WhatsApp.
Sumber :
  • www.phonearena.com

VIVA – Sebagai platform perpesanan instan, WhatsApp tak hanya melayani pengiriman pesan dalam bentuk teks, tapi juga file foto dan video.

Mengenal Empat Zaman yang Digambarkan dalam Ramalan Jayabaya

Jika pertama kali menggunakan WhatsApp, biasanya berlaku setting default, di mana foto yang dikirimkan kontak atau anggota grup, akan otomatis terunduh ke dalam folder penyimpanan ponsel.

Hal itu, bagi sebagian orang terasa cukup mengganggu, lantaran selain membuat kapasitas memori menjadi penuh, juga dapat membebani kuota data.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Nobar Kreatif di Dunia Digital Sejak Dini

Beberapa pengguna WhatsApp, ada yang belum tahu bahwa auto-download itu bisa dihentikan. Tapi tenang saja, caranya cukup mudah, kok.

Untuk Android
- Masuk ke aplikasi WhatsApp, ketuk tiga titik di pojok kanan atas
- Klik Settings
- Pilih Data and Storage (Data dan Penyimpanan)
- Di halaman itu tersedia pilihan Media auto-download
- Ketuk ketiga opsi, yaitu when using mobile data, when connected on Wi-Fi, dan when roaming. Hilangkan tanda centang sehingga hasilnya menjadi No media.
- Ini artinya aplikasi WhatsApp kita tak mengizinkan auto-download, baik dalam kondisi internet menggunakan mobile data, Wi-Fi, maupun roaming. Dengan begitu, kapasitas penyimpanan jadi tak cepat penuh dari file WhatsApp.

Telkomsel Kasih Kabar Positif

Untuk WhatsApp di platform iOS, kurang lebih caranya sama, yaitu dengan masuk ke opsi Settings di sebelah kanan bawah, dan ikuti intruksi seperti di platform Android. (dhi)

WhatsApp.

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

WhatsApp, aplikasi pesan instan milik Meta, meluncurkan Filter Chat agar pengguna dapat menemukan pesan tanpa harus menelusuri seluruh kotak masuk.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024