Google Assistant Ditargetkan 'Gabung' di 100 Juta Perangkat

Google Assistant.
Sumber :
  • Android Central

VIVA – Raksasa teknologi Amerika Serikat, Google, sedang meyakinkan sejumlah produsen teknologi seperti smartphone agar mereka menyediakan tempat untuk tombol Google Assistant.

Terpopuler: Gamers Harus Wangi, Spesifikasi Xiaomi Pad 6S Pro Harga Rp8 Juta

Google mengklaim akan banyak perangkat yang menggunakan tombolnya, dan mereka menargetkan dipakai di 100 juta perangkat pada tahun ini.

Dilansir dari situs Pocket Lint, Senin, 25 Februari 2019, tombol Google Assistant adalah tombol program yang diumumkan pada Mobile World Congress 2018. Beberapa diantaranya LG pada perangkat LG G8 ThinQ, K40, Nokia 3.2 dan 4.2, yang kabarnya akan memiliki tombol tersebut.

Xiaomi Pad 6S Pro Dijual Rp8 Juta, Begini 'Isi Perutnya'

Kemudian, sejumlah smartphone baru Xiaomi seperti Mi Mix 3 dengan teknologi 5G dan Mi 9, kabarnya juga bergabung dengan program Google itu.

Google juga mengatakan dua produsen smartphone lainnya, TCL dan Vivo dengan V15 Pro, ikut meluncurkan tombol Google Assistant, namun akhir tahun ini.

Pabrik Super Canggih Xiaomi Bikin Mobil Listrik Tiap 76 Detik

Tombol Google Assistant bekerja seperti home button yang ditekan lama yang sudah ada di sejumlah perangkat Android saat ini. Tap sekali pada tombol akan mengeluarkan Google Assistant dan siap dipakai.

Sedangkan, dua kali tekan akan memperlihatkan informasi dari Google Now. Tampilan akan dikurasi secara personalisasi dan informasi yang membantu berdasarkan waktu, lokasi, dan interaksi terakhir dengan Google Assistant.

Tekan lama pada tombol akan mengaktifkan fitur Walkie Talkie. Pengguna bisa memanfaatkannya untuk melakukan permintaan pada Google Assistant, salah satunya mendikte menulis email atau pesan dengan teks panjang.

Google Assistant akan mengerjakan sejumlah pekerjaan seperti menjawab pertanyaan, melihat kalendar, menemukan arah jalan ke kedai kopi terdekat, menyalakan musik atau podcast, dan mengontrol perangkat smart home dengan suara penggunanya. (ann)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya