Ada BlackBerry di Balik Teknologi Anti Sadap Petinggi Negara

Logo BlackBerry
Sumber :
  • blackberry-fr.com

VIVA – Blackberry Limited belum lama ini mengumumkan bahwa NATO Communications and Information (NCI) Agency telah menunjuk layanan BlackBerry SecuSUITE for Government untuk mengenkripsi data percakapan suara yang dilakukan oleh para pemimpin negara.

Tegang! 2 Pesawat Pengebom B-1B AS Berhadapan dengan Jet Tempur MiG Rusia di Laut Barents

NCI Agency memfasilitasi 29 negara anggota NATO agar dapat berkomunikasi secara aman dan melakukan kerja sama dengan teknologi yang lebih canggih.

NCI Agency bertugas menerima, menyebarkan, dan melindungi sistem komunikasi yang digunakan para pengambil keputusan politik serta pusat komando yang tergabung dalam NATO serta memerangi serangan siber.

Unik Banget, Istri Denny Sumargo Ngidam Strawberry Rp100 Ribu hingga Berlian

Karena informasi yang ditangani oleh NCI Agency sangat rahasia, keamanan menjadi aspek yang sangat penting untuk melindungi seluruh aktivitas komunikasi serta memerangi kriminal siber yang bertujuan untuk menyadap percakapan secara elektronik.

“Seiring dengan pelaku kejahatan siber yang semakin canggih, kami membutuhkan cara yang aman agar para tokoh penting negara dapat melakukan percakapan telepon dengan orang-orang yang berada di dalam maupun di luar organisasi kami di mana pun mereka berada," ujar Kevin Scheid, General Manager of the NCI Agency, dikutip dalam keterangan tertulis pada VIVA, Kamis, 14 Maret 2019.

Jenderal NATO Sebut Kemenangan Putin di Pemilu Rusia Tidak Bebas dan Ilegal

Dikatakan Kevin, teknologi enkripsi percakapan suara dari BlackBerry dapat menjawab tantangan tersebut dan memperkuat strategi pertahanan siber.

Sementara itu, menurut SVP of BlackBerry Secusmart, BlackBerry, Dr. Christoph Erdmann, "Menyadap telepon merupakan salah satu cara termudah untuk mengakses informasi rahasia."

Sebagai pihak yang ikut berkontribusi menjaga keamanan negara, Erdmann mengaku bangga dengan kepercayaan dari NCI Agency.

“Kami sangat bangga karena NCI Agency, yang merupakan pionir dunia dalam pengembangan dan pemanfaatan teknologi dalam menjaga keamanan negara-negara anggota NATO, telah memercayai perangkat lunak dari BlackBerry untuk mengamankan komunikasi suara mereka," kata Erdmann.

"Sistem operasi atau perangkat yang digunakan untuk berkomunikasi, teknologi keamanan siber BlackBerry dapat menjamin keamanan data pelanggan kami,” tambahnya.

SecuSUITE for Government dari BlackBerry mendukung berbagai smartphone serta tablet berbasis Android dan iOS, juga dapat dipasang on-premise, di pusat data, ataupun di cloud.

Contoh penggunaan solusi tersebut termasuk di antaranya:

- Secure conferencing: mengenkripsi percakapan antara conference bridge yang aman dengan perangkat yang telah terpasang SecuSUITE for Government

- Secure landing: mengenkripsi perangkat seluler ke sebuah sambungan kabel telepon dalam jaringan yang sama

- Break-in: melindungi komunikasi antara perangkat seluler atau telepon kabel dalam jaringan home pengguna ke perangkat seluler yang telah dipasang SecuSUITE for Government

- Break-out: mengamankan perangkat seluler ke jaringan home milik karyawan dan kemudian ke perangkat selular eksternal atau jaringan telepon kabel melalui ekstensi PSTN.

SecuSUITE for Government ini diklaim telah dievaluasi dan mendapatkan sertifikasi yang memenuhi syarat dalam hal keamanan siber. (dhi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya