3 Isu Ini Bikin Pengguna Khawatir Beli Huawei P30

Huawei P30.
Sumber :
  • Mashable

VIVA – Huawei P30 Pro meluncur dari Paris, Perancis hari ini, Selasa 26 Maret 2019. Smartphone ini digadang mampu melanjutkan sukses P20 Pro. Namun sayang, beberapa kali Huawei sempat diterpa isu yang tidak enak jelang peluncuran P30 Pro.

Laptop yang Bisa Menangkap Sinyal WiFi Ratusan Meter Dijual di Indonesia

Setidaknya ada empat isu yang sedikit banyak mampu mempengaruhi peluncuran Huawei P30 Pro hari ini. Yang paling utama adalah tindakan pemalsuan hasil foto yang diklaim dari kamera P30 Pro.

1. Dua kali pemalsuan foto

Menuju IKN Cerdas: BSSN-Huawei TechDay 2024 Perkuat Ekosistem Digital Indonesia

Huawei pernah terciduk memposting contoh foto sebagai bagian dari teaser kampanye peluncuran P30 Pro. Foto tersebut diklaim diambil dengan menggunakan kamera lensa periscope zoom. Belakangan diketahui foto tersebut diambil dengan kamera DSLR.

Selain foto iklan, beberapa foto yang diposting di akun resmi Weibo Huawei juga ternyata merupakan stok foto foto yang diambil oleh orang lain, bukan jepretan asli Huawei. Bahkan sebuah foto yang memperlihatkan gunung meletus, merupakan stok foto yang diambil dari Getty Images.

Debut Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition di Indonesia

Menanggapi hal ini, pihak Huawei, dikutip dari The Verge, mengatakan jika foto-foto tersebut hanyalah poster teaser yang bertujuan untuk memberikan petunjuk tentang fitur yang ada di Huawei P30 Pro. Namun tetap saja, Huawei tak mengatakannya sejak awal sehingga hal ini telah viral kemana-mana.

2. Terancam Ditinggal Android

Huawei saat ini sedang 'berperang' dengan otoritas Amerika Serikat. Sadar dengan kemungkinan darurat dari dampak perang tersebut, Huawei memiliki skenario menyelamatkan bisnis mereka. Chief Executive of Huawei Consumer Product Division, Richard Yu mengatakan, perusahaan sudah memiliki cara jika terpojok. 

Dilansir laman BGR, meski senang menggunakan OS ala Google, namun Yu mengaku perusahaan telah memiliki sistem operasinya sendiri jika tidak lagi bisa menggunakan Android. 

3. Bos Huawei Tak Pakai Huawei

Pemberitaan kemarin sempat membuat heboh industri smartphone. Isu ini masih terkait dengan penangkapan bos Huawei Wanzhou Meng. Direktur Keuangan Huawei itu ternyata kedapatan membawa gadget-gadget dari merek kompetitor, yakni Apple.

Media asing menyebut jika Meng ditangkap beserta 3 buat gadget Apple yang dibawanya. Tiga produk Apple itu adalah iPhone 7 Plus, laptop Macbook 12 inci dan tablet iPad Pro. Ini sangat bertolak belakang dengan kebijakan Huawei yang melarang perangkat merek lain digunakan oleh karyawannya ke publik.

Kalau bos Huawei saja tak pakai produk ciptaannya, kenapa publik harus?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya