Terkuak, Penyebab Harga iPhone Mahal Banget

iPhone XS, XS Max, dan XR.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – Perangkat andalan Apple, iPhone, selalu menjadi perhatian banyak kalangan. Selain beragam inovasi yang diciptakan, harganya pun bikin konsumen mengernyitkan dahi lantaran mahal banget.

Mansory Sulap Vespa Elettrica Menjadi Skuter Mewah

Perusahaan riset CupoNation mencoba mengumpulkan data mengenai biaya produksi dari masa ke masa, lalu membandingkannya dengan harga saat iPhone diluncurkan.

Berdasarkan data dari 18 model iPhone yang dirilis pada periode 2008-2018, persentase biaya produksinya sebesar 33,07 persen dari harga jual.

Coba-coba Bikin Mobil Listrik, Xiaomi Dibuat Kaget

Artinya, jika satu unit iPhone dibanderol seharga Rp10 juta, maka biaya produksi yang dihabiskan hanya sekitar Rp3,3 juta.

Selebihnya adalah laba yang dihasilkan oleh perusahaan Apple tersebut. Meski dijual dengan harga tinggi, namun perangkat ini tetap diminati karena inovasi di dalamnya.

Mobil Listrik Vinfast Pakai Sistem Sewa Baterai, Segini Biayanya

Sebut saja iPhone XS Max. Ponsel premium ini dibanderol seharga US$1.099 atau Rp15 juta. Namun, jika dilihat dari biaya bahan dan produksi, satu unitnya hanya butuh US$390 atau Rp5,5 juta saja.

“Meskipun memiliki biaya produksi yang terbilang rendah, namun inovasi membuatnya begitu berharga hingga tetap diminati walau dengan harga di atas rata-rata smartphone di pasar,” demikian keterangan resmi CupoNation, Minggu 7 April 2019.

Lanjut ke model yang diklaim memiliki harga paling rendah, iPhone SE, yang dibanderol US$399 atau Rp5,5 juta. Untuk memproduksinya, Apple hanya merogoh kantong anggaran sebesar US$156 atau sekitar Rp2,1 juta. Harga produksi mengambil porsi besar, atau mencapai 39 persen dari harga jual.

CupoNation juga mencatat, dari 18 model yang telah dipelajari, ada iPhone 6 Plus yang harga produksinya lebih rendah, atau hanya US$211 atau Rp3 juta.

Sedangkan, harga jualnya mencapai US$749 atau Rp10,5 juta. Artinya, harga produksi hanya mengambil 28 persen dari harga penjualan.

Kemudian, ada iPhone 6S yang biaya produksinya mencapai Rp2,6 juta dengan harga jual Rp9 juta. Studi ini dikaji berdasarkan harga iPhone dengan model paling standard.

Selain itu seluruh harga iPhone dalam studi ini mematok dari harga resmi iPhone yang diluncurkan di Amerika Serikat tanpa kontrak operator seluler yang dikeluarkan oleh IHS Market, LA Times, Bloomberg, dan situs resmi Apple. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya