Realme C2 vs Redmi 7, Bertarung Jadi Raja Smartphone Entry Level

Realme C2 vs Redmi 7
Sumber :
  • dok. istimewa

VIVA – Pertarungan di kelas entry atau pemula kini semakin sengit. Smartphone dengan rentang harga Rp 1 Jutaan kini semakin banyak memenuhi pasar smartphone Indonesia. Dua vendor yang bersaing cukup ketat adalah realme dan Xiaomi.

THR Cair! Yuk Simak Daftar Hp Realme Terbaru Harga 2 Jutaan untuk Meriahkan Lebaranmu

Realme baru saja menggebrak pasar dengan menghadirkan C2 yang diklaim sebagai raja baru di kelas pemula. Beberapa bulan sebelumya, Xiaomi telah menghadirkan Redmi 7 yang diharapkan dapat menjadi andalan mereka di kelas pemula.

Sama-sama bersaing di kelas entry, kedua smartphone ini memiliki keunggulannya masing-masing. Berikut ini adalah perbandingan spesifikasi antara realme C2 dan Redmi 7 dari berbagai aspek. 

3 HP Ini Perdana Pakai Snapdragon 7+ Gen 3

Layar
Layar realme C2 tampak lapang berkat konsep Dewdrop Notch Full Screen. Dengan ukuran 6.1-inci, rasio layar ke bodi mencapai 89.35%. Tampilan layar yang nyaris tanpa bezel, memberikan tampilan yang lebih lebar nan imersif untuk gaming dan keperluan multitasking lainnya. Keunggulan lainnya di layar realme C2 adalah kehadiran Corning Gorilla Glass untuk memproteksi lar dari goresan-goresan halus.

Realme, Redmi dan Xiaomi akan Memakai Snapdragon 8s Gen 3

Sementara Redmi 7 mengusung layar dot drop 6,26 inci dengan aspek rasio 86,83% yang memungkinkan pengguna bisa melihat konten multimedia dengan nyaman. Di Redmi 7 juga terdapat perlindungan Corning Gorilla Glass. 

Desain
Desain menjadi keunggulan dari realme C2. Terinspirasi oleh Young Zen style dengan sudut layar membulat serta desain potongan berlian yang ikonik dari realme memberikan penampilan yang elegan. Menggunakan potongan laser, setiap potongan berliannya memberikan efek yang berbeda saat dilihat dari sudut tertentu.

Dalam pandangan kami, potongan berlian di bodi belakang realme C2 membuat genggaman pengguna terasa lebih mantap. Selain itu, penutup belakang smartphone ini telah melalui pengecatan 3 lapis dan diberikan partikel mutiara yang berkilau.

Bahasa desain Redmi 7 tampak lebih konvensional dengan penggunaan warna gradasi. Penggunaan material polikarbonat yang cukup dominan membuat genggaman pengguna terasa licin. Untuk itu, penggunaan casing sangat direkomendasikan. 

Kamera
Walaupun berada di kelas pemula, realme C2 juga tidak kalah di sektor fotografi. Dual Camera (13 + 2 MP) yang didukung oleh teknologi AI untuk menghasilkan gambar bokeh dengan efek blur yang natural seperti kamera profesional. Sementara untuk selfie disediakan kamera dengan resolusi 5 MP. realme C2 juga dilengkapi dengan mode Chroma Boost, fitur teknologi AI untuk mengidentifikasi dan mengoptimalkan scene, meningkatkan dynamic range keseluruhan foto, menajamkan detail yang lebih kaya dalam highlight dan shadows, dan memberikan eksposur yang lebih seimbang.

Tak mau kalah, redmi 7 juga menggunakan kamera ganda di bagian belakang dengan resolusi 12 MP + 2 MP. Sementara kamera  depannya menggunakan resolusi 8 MP. Kehadiran AI di redmi 7 membuat proses pengambilan foto terasa cukup mudah. 

Baterai
Realme C2 menggunakan baterai besar berkapasitas 4.000 mAh yang dapat bertahan seharian dalam pemakaian normal. Dalam hemat kami, proses manajemen daya di realme C2 terbilang sangat baik. 

Di sis lain, Redmi 7 juga menggunakan baterai 4.000 mAh. Dengan kapasitas baterai yang sama, Redmi 7 seharusnya dapat bertahan juga selama sehari. 

Kesimpulan
Selama pemakaian, realme C2 terasa lebih nyaman digunakan. Desainnya yang unik membuat realme C2 enak dibawa untuk bepergian. Sementara Redmi 7 yang cenderung licin membuat pengguna harus ekstra hati-hati. 

Sektor kamera realme C2 juga lebih unggul karena kehadiran AI dan Chroma Boost. Hasil foto yang dihasilkan tampak lebih prima dibandingkan dengan Redmi 7.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya