Terungkap, Alasan Produk Apple Akan Dibuat di Indonesia

Macbook Apple.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Salah satu rekanan Apple yang dipercaya untuk melakukan perakitan produk merek, Pegatron, melirik Indonesia sebagai basis produksi. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Perwilayahan Industri, Kementerian Perindustrian, Ignatius Warsito.

Dari Batam, Buruh Serukan Dukungan untuk Anies Jadi Presiden RI di 2024

Dilansir dari Apple Insider, Senin 3 Juni 2019, Ignatius mengatakan bahwa Pegatron akan bermitra dengan perusahaan lokal, PT Sat Nusapersada yang berbasis di Batam, Kepulauan Riau.

Menurut Ignatius, Pegatron akan menggunakan Batam sebagai basis untuk merakit komponen paling penting yang dibutuhkan perangkat Apple, yakni chipset.

TNI AL Berhasil Gagalkan 2 Rombongan Pengiriman TKI Ilegal ke Malaysia di Batam

"Kemungkinan, pabrik juga digunakan untuk memproduksi komponen MacBook. Tapi, tidak dalam waktu dekat,” ujarnya.

Sementara itu, laman 9to5mac menuturkan, bahwa Indonesia dipilih lantaran bisa menyediakan tenaga kerja yang profesional. Sebelumnya, Pegatron disebut-sebut melirik Vietnam sebagai pusat produksi.

Terobosan Apple Kenalkan Fitur Baru yang Ramah Disabilitas

Isu mengenai Indonesia dijadikan sebagai basis perakitan komponen Apple, sejatinya sudah berembus sejak akhir 2018. Menurut Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, hal itu dikarenakan semakin panasnya perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

Terbaru, AS telah menutup akses bagi pabrikan perangkat telekomunikasi raksasa asal China, Huawei untuk mendapatkan komponen.

Hal itu membuat beberapa perusahaan asal AS, termasuk Apple, mencari alternatif lokasi perakitan produk, sebagai langkah antisipasi jika China memberlakukan aturan serupa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya