Qualcomm Siapkan Prosesor Khusus untuk Ponsel Rp1 Jutaan

Ilustrasi prosesor 32 dan 64 bit.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Perusahaan teknologi Qualcomm berencana merilis prosesor Snapdragon 215 untuk ponsel dengan harga sekitar US$100 atau Rp1,5 juta. Prosesor baru ini diklaim membawa kinerja yang lebih baik, termasuk fitur fotografi hingga kemampuan near-field communication (NFC).

Dilansir dari situs Indian Express, Rabu 10 Juli 2019, prosesor dirancang untuk memberikan 50 persen kinerja CPU yang lebih baik. Snapdragon 215 juga menjadi prosesor pertama yang memiliki 2 seri dengan arsitektur 64-bit. Terdapat juga GPU Adreno 308 yang membuat peningkatan pada kinerja gim, 28 persen lebih baik.

Snapdragon 215 diketahui sebagai yang pertama yang mendukung penerapan HD+ pada jenis cip 2-series, juga mendukung dual camera. Prosesor ini juga diklaim dapat menangkap gambar dengan resolusi 13 MP dan video 1080p. 

Untuk masalah konektivitas, Snapdragon 215 memiliki model Snapdragon X5 yang mendukung LTE CAT 4, kecepatannya hingga 150 Mbps. Kemudian, SOC juga memiliki fitur suara EVS atau panggilan suara ultra HD.

Prosesor ini juga ditenagai sebagai cip pertama yang mendukung NFC untuk Android. Smartphone yang menggunakan cip ini akan ada di pasaran pada paruh kedua tahun ini. 

Banyak yang menyebutkan masalah ponsel dengan harga kisaran Rp1,5 juta ada pada RAM dan pemrosesan. Seorang analisis di IDC India, Navkendar Singh mengatakan, Qualcomm telah berusaha agar ponsel kelas bawah memiliki kinerja yang lebih baik dibanding saat ini.

"Snapdragon 215 akan membantu perangkat mendapat kinerja yang lebih baik, dan masa pakai baterai yang lebih lama. Langkah baru perusahaan akan menurunkan biaya membuat ponsel agar lebih terjangkau, sekitar US$50-60 atau Rp706-847 ribu," katanya.

Ponsel kelas bawah awalnya tersedia di kota-kota kecil. Perlu biaya yang tidak sedikit untuk melakukan distribusi offline.

Samsung Galaxy A05s Tampil Beda

Biaya logistik di kota-kota kecil dan desa menjadi bisnis investasi yang berat bagi pemain, itulah sebabnya saat ini banyak dari vendor yang menjual ponsel murah belum memiliki banyak pergerakan. (ali)

Snapdragon 7+ Gen 3.

3 HP Ini Perdana Pakai Snapdragon 7+ Gen 3

Snapdragon 7+ Gen 3 akan diadopsi pertama kali oleh produsen HP OnePlus, Realme, dan Sharp yang dijadwalkan rilis dalam beberapa bulan ke depan.

img_title
VIVA.co.id
24 Maret 2024