Soal Blokir IMEI Ponsel, ATSI: Apa Sih yang Mau Diatur

Ilustrasi IMEI ponsel.
Sumber :
  • Instagram/@mobileranker

VIVA – Wakil Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia atau ATSI, Merza Fachys mengakui sudah bertemu dengan pemerintah terkait aturan International Mobile Equipment Identity atau IMEI, untuk memberantas ponsel ilegal. 

Bea Cukai Jelaskan Dua Hal Penting Ini Lewat Radio

"Kalau ngobrol sih sering. (Mengobrol soal) ya apa sih yang mau diatur," kata Merza di Jakarta, Senin malam, 15 Juli 2019. 

Namun soal keinginan dari ATSI, Merza mengatakan asosiasi belum memiliki pendapat karena saat ini ATSI masih mempelajari aturan tersebut. 

Bea Cukai Jelaskan Cara Registrasi IMEI dan Modus Penipuan di Dua Kota Ini

Soal pemblokiran IMEI yang dilakukan oleh operator, dia mengatakan hal tersebut masih didiskusikan. "Kami baru mencoba mengerti apa sih yang mau diatur itu. Masih belum terlalu paham," kata Merza. 

Direktur Utama XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan pemerintah sudah mengajak perusahaannya untuk berbicara mengenai aturan tersebut. Dia mengatakan, aturan IMEI secara objektif sangat bagus. 

Simak, Bea Cukai Beberkan Ketentuan Ini ke Tiga Sekolah di Jawa Timur

Menurutnya dengan aturan tersebut bisa membuat handset yang masuk ke Indonesia merupakan yang legal serta produk black market bisa hilang. 

"Tapi mungkin yang harus kita bicarakan adalah nanti bagaimana sistem yang akan digunakan juga cara pengecekannya," kata Dian. 

Upgrade 4G LTE Telkomsel.

Telkomsel Ingin Memikat Pelanggan Hemat

Telkomsel Lite dirancang khusus menyasar segmen pekerja dan rumah tangga yang senang berhemat, hidup cermat, dan anti mubazir.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024