Oppo: Bikin Aturan IMEI, Pemerintah Mulai Lindungi Industri Smartphone

Ilustrasi IMEI pada ponsel.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Oppo Indonesia menyambut baik aturan International Mobile Equipment Identity atau IMEI untuk memberantas ponsel ilegal. Aturan tersebut sedang digodok pemerintah yang melibatkan Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Dengan aturan itu, berarti pemerintah peduli dan mulai melindungi industri smartphone

Bea Cukai Jelaskan Dua Hal Penting Ini Lewat Radio

Public Relations Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto mengatakan vendor smartphone sebelumnya sudah mengikuti aturan pemerintah soal Tingkat Kandungan Dalam Negeri atau TKDN. Namun setelah mengikuti aturan itu, industri masih merasa belum terlindungi karena barang bajakan masih dalam volume besar. 

"Tapi sekarang dengan adanya kebijakan IMEI ada kesan positif bahwa pemerintah mulai peduli untuk melindungi perusahaan-perusahaan yang terapkan TKDN," kata Aryo di Malang, Jawa Timur, Rabu malam 17 Juli 2019.

Bea Cukai Jelaskan Cara Registrasi IMEI dan Modus Penipuan di Dua Kota Ini

Dia mengatakan, aturan tersebut  baik untuk merek ponsel dan industri keseluruhan. Aryo mengakui Oppo menjadi korban. Ponsel black market dengan merek Oppo beredar namun jumlahnya tidak terlalu banyak. 

Aryo mengatakan keberadaan ponsel black market sangat merugikan industri. Apalagi bagi perusahaan yang memiliki pabrik di Indonesia, mereka akan rugi dengan kehadiran produk ilegal itu. 

Simak, Bea Cukai Beberkan Ketentuan Ini ke Tiga Sekolah di Jawa Timur

Aryo mengatakan akan lebih baik jika secepatnya aturan itu diaplikasikan. Karena ada potensi black market bisa mendapatkan market share

Saat ponsel ilegal diberantas, Aryo mengatakan masyarakat mau tidak mau akan beralih membeli produk yang lebih resmi. "Kalau data yang ada-ada itu 20 persen (untuk seluruh Indonesia)," kata Aryo. 

Upgrade 4G LTE Telkomsel.

Telkomsel Ingin Memikat Pelanggan Hemat

Telkomsel Lite dirancang khusus menyasar segmen pekerja dan rumah tangga yang senang berhemat, hidup cermat, dan anti mubazir.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024