Pengguna Ponsel Jadul Nokia Kini Bisa Pakai WhatsApp

Nokia 8110.
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Kabar gembira untuk pengguna ponsel jadul Nokia 8110, karena perangkat tersebut sudah mendukung penggunaan aplikasi pesan instan WhatsApp.

Prof Koentjoro UGM Dikirimi Pesan Caci Maki Usai Kritik Demokrasi di Indonesia

Pengguna yang memakai ponsel pisang ini cukup mengunduh sistem operasi besutan Google, KaiOS, yang memiliki memori atau RAM 256MB dan 512MB.

KaiOS juga memastikan user interface (UI) atau antarmuka pengguna untuk setiap aplikasi telah dibuat sesederhana mungkin dan dioptimalkan untuk perangkat low-end.

4 Reasons Why People Hide Their WhatsApp Status

Dengan pembaruan ini, seperti dikutip dari situs The Verge, Selasa, 23 Juli 2019, pengguna bisa mengunduh WhatsApp dari toko aplikasi atau KaiStore untuk berkomunikasi dengan teman-teman dan keluarga.

Nokia 8110 merupakan salah satu feature phone atau ponsel jadul yang menjalankan KaiOS. Nokia mengikuti jejak Jio Phone asal India yang mampu menggabungkan fungsi ponsel biasa dengan ponsel pintar atau smartphone.

Sejumlah Alasan Seseorang Merahasiakan Status WhatsApp, Nomor Terakhir Udah Biasa

Sebab, feature phone identik dengan ponsel jadul dan lemot atau lemah koneksi. Sementara, Google telah menginvestasikan US$22 juta untuk KaiOS.

Dengan demikian, sejumlah produk milik Google seperti Maps, Assistant, Google Search, dan YouTube terintegrasi dengan sistem operasi tersebut.

Aplikasi pesan instan milik Facebook itu secara bertahap dirilis untuk perangkat KaiOS tertentu dalam satu tahun terakhir. Pada September tahun lalu, WhatsApp sudah bisa digunakan di ponsel buatan India, JioPhone.

India menjadi negara pertama yang penggunanya dapat menikmati layanan WhatsApp di Nokia 8110 pada April kemarin. Rencananya, layanan ini akan bisa dinikmati pengguna ponsel sejuta umat di seluruh dunia pada kuartal III 2019.

Secara total, WhatsApp kini tersedia untuk tujuh perangkat. Ketujuhnya adalah KaiOS, Cat B35, Doro 7060, JioPhone dan JioPhone 2 (Reliance Jio), MTN Smart, Nokia 8110 (HMD Global), serta Orange Sanza.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya