Logo WARTAEKONOMI

Waze Catat Perjalanan Orang Indonesia Setara Bolak-balik Bumi ke Bulan

Waze Sebut Navigasi Kunjungan ke Restoran dan Ritel Meningkat Signifikan di Musim Liburan. (FOTO: Warta Ekonomi)
Waze Sebut Navigasi Kunjungan ke Restoran dan Ritel Meningkat Signifikan di Musim Liburan. (FOTO: Warta Ekonomi)
Sumber :
  • wartaekonomi

Orang Indonesia pada umumnya sangat menantikan musim liburan. Sebab mereka dapat menghabiskan waktu yang berkualitas bersama keluarga maupun teman.

Oleh karena banyaknya orang yang mengunjungi kerabat atau bepergian bersama di periode tersebut, kemacetan lalu lintas pun juga akan turut meningkat.

Hal ini diperkuat berdasarkan data dari aplikasi navigasi berbasis komunitas Waze, di mana faktanya, pada 8 Juni 2019 sampai akhir pekan Hari Raya Idul Fitri, sejauh 16,8 juta kilometer telah ditempuh oleh pengguna Waze di seluruh Indonesia.

“Ini merupakan kilometer tertinggi yang pernah tercatat kami. Kemacetan mencapai puncak tertinggi sepanjang sejarah pada akhir pekan pertama bulan Juni, yaitu 149 persen peningkatan kilometer berkendara dibandingkan rata-rata nasional,” kata Country Manager Waze Indonesia, Marlin R. Siahaan.

Faktanya, ia melanjutkan, jumlah tertinggi kilometer berkendara setara dengan 22 kali jarak yang dibutuhkan untuk pergi ke Bulan dan kembali lagi ke Bumi.

“Kami juga memprediksi pengendara akan mengalami kondisi serupa saat libur nasional berikutnya, yakni ketika long weekend maupun musim liburan akhir tahun,” jelasnya.

Menurut data Waze, navigasi ke berbagai lokasi seperti pom bensin, restoran, dan toko ritel juga meningkat tajam selama liburan. Misalnya, sejak 6 Juni hingga 9 Juni 2019, navigasi ke restoran meningkat 114 persen dan navigasi ke toko ritel mencapai puncaknya hingga 60 persen kenaikan dibandingkan rata-rata setiap bulannya.