Review: Realme X Kamera Pop Up, Smartphone Hi Tech Ramah di Kantong

Realme X tersedia dua warna
Sumber :
  • Viva.co.id/Anisa W

VIVA – Kabar bahagia bagi para penggemar gadget, akhirnya realme x dirilis di Indonesia. Setelah peluncuran resminya di China pada Mei 2019 lalu, kini realme x hadir di Indonesia Kamis 25 Juli 2019 dan akan mulai di jual ke pasaran pada 3 Agustus mendatang.

Penggemar Realme Lagi Berkabung

Lalu apa sih yang bagus dari smartphone ini? Yup, penting untuk Anda ketahui bahwa smartphone ini adalah yang terbaru dan bisa dibilang paling premium di antara hp realme yang telah rilis sebelumnya yaitu realme 3 Pro.

Mengusung tema dare to Leap, realme x punya bodi yang lebih tipis, Hp ini juga menawarkan fitur-fitur baru yang tren di 2019. Realme x menawarkan layar yang super AMOLED, kamera pop-up, sensor sidik jari dalam layar hingga pengaturan kamera ganda 48MP.

Review realme X2 Pro: Menjajal Sang Flagship Killer

Dengan harga Rp3 jutaan, ternyata realme x masuk daftar Hp canggih yang ramah kantong. Apalagi realme x ini dilengkapi dengan RAM 8GB dan memori penyimpanan internal hingga 128GB. 

Tak cuma itu saja, beberapa fitur ciamik juga melengkapi Hp besutan China yang masih Sub Bisnisnya merek Oppo. Kamu penasaran dengan review detailnya? Nah, VIVA berkesempatan menjajal hp realme x ini selama hampir dua minggu lho. Berikut ini review lengkapnya.

Realme XT Laris Manis, Flash Sale Terjual 1.280 Unit

1. Desain

Realme X

Realme X memiliki desain cukup unik dibanding dengan realme yang sebelumnya. Masuk dalam jajaran smartphone ‘pop up generation’, realme xpunya kamera tersembunyi yang bisa pop up demi mencapai rasio layar hingga 90 persen.

Realme X layar super amoled

Layarnya menggunakan panel Super AMOLED dengan lapisan perlindungan Corning Gorilla Glass 5 yang cukup kuat dan tahan gores. Penggunaaan layar ini agar realme bisa menyertakan sensor sidik jari. Tak hanya itu, layar realme x akan memberikan sensor cahaya berbentuk sidik jadi, sehingga pengguna mudah membuka kunci smartphone.

Realme X kamera pop up

Selain sonsor sidik jari yang ciamik, layar berukuran 6,53 inci (1.080 x 2.340 pixel) ini juga nyaman digenggam. Namun sayangnya bodi yang berbalut material plastik ini membuat sidik jadi terjiplak saat layar berubah redup.

Realme x hanya memiliki tiga tombol fisik. Yaitu tombol on-off di sisi kanan, dan tombol volume +/- di bagian kiri. Lalu di bagian bawah terdapat audio jack 3.5mm dan port USB Type-C untuk pengisian daya. Nah, untuk speaker grill berada di samping. Kamera depan dengan konsep pop-up terdapat di sisi atas Hp.

Realme X bagian bawah

Realme X bagian samping power

Realme X bagian samping volume

Tak hanya itu, realme x juga tersedia dalam 2 warna yaitu polar white dan space blue dengan tekstur mengkilat jika terkena cahaya, sehingga tampilannya terlihat sangat elegan. Dalam satu box realme x, terdapat charger, casing, dan buku panduan.

Kamera

Realme X kamera depan pop upRealme X menu mode kamera

Realme X punya sensor utama 48MP yang dibesut dari dari Sony IMX586 yang mampu mengambil gambar dalam mode wide, dan 5MP sensor. Sementara itu kamera depannya tak kalah kece karena memiliki resolusi hingga 16MP dengan aperture f/2.0, yang menggunakan sensor Sony IMX471.

VIVA menjajal realme x untuk mengambil gambar dalam kondisi terang dan redup di malam hari. Hasilnya sangat tidak mengecewakan.

Realme X hasil foto malam hari tanpa mode night scape

Di luar ruangan saat siang hari, warna yang muncul sangat terang dan jelas, meski di-zoom, detailnya masih tetap terlihat.

Hasil foto malam hari tak kalah keren karena ada fitur Nightscape. Fitur ini bisa membuat kamera menangkap pemandangan malam dengan hasil lebih baik dan detail warnanya juga terlihat jelas.

Realme X tanpa fitur Nightscape

Realme X dengan fitur Nightscape

Sementara itu kamera pop-upnya yang 16MP, bekerja sangat baik. Kamera pop-upnya langsung muncul dalam waktu cepat tak sampai 3 detik, begitu juga saat menutup. Bukan cuma itu, realme x juga sudah memperhitungkan keamanannya mengingat kerentanan desain pop-up ketika ponsel jatuh. Karenanya ada sistem deteksi kamera secara otomatis akan kembali masuk ke dalam bodi realme x saat ada tanda-tanda terjatuh.

Realme X hasil foto siang hari

Realme X hasil foto sore hari

Hasil kamera depan cukup memuaskan dan menghasilkan hasil yang alami. Uniknya saat mode kamera depan digunakan sambil berkendara motor, hasil jepretan sama sekali tidak shaking.

Realme X selfie dengan kamera depan saat malam hari

Kamera realme x juga memiliki fitur Portrait. Namun untuk fitur ini, rasio fotonya hanya 4:3. Fitur-fitur lain yang ada pada kamera realme x adalah Nightscape, Pano, Expert, Time-Lappse, dan Slo-Mo.

Performa

Bukan cuma mengandalkan fitur kamera dan bodi saja, Realme X juga disokong mesin yang mumpuni. Dilengkapi Prosesor Qualcomm Snapdragon 710 dengan kecepatan clock CPU hingga 2.2GHz dan GPU Adreno 616. Dengan dua daya ini realme mengklaim Hp ini memiliki rendering gambar 3D berjalan dengan baik. 

Selain itu, dalam pengujian di benchmark platform AnTuTu, realme x mencetak skor 156.615. realme x juga menggunakan OS Android Pie dengan antarmuka Color OS 6.0. Uniknya, fitur baru realme x adalah kehadiran pemindai sidik jari di bawah layar yang sangat responsif (hanya butuh 1 detik membuka perangkat).

Realme X fitur sidik jari

Dengan kapasitas RAM 8GB dan memori internal 128GB realme cukup pede tidak menggunakan slot memori eksternal. Untuk kapasitas baterai, realme x juga tak kalah. Dengan Baterai Li-Po berdaya 3.765 mAh, realme x bisa tahan seharian tanpa cas untuk pemakaian standar. 

Jika digunakan bermain gim seharian penuh, realme x hanya cukup satu kali cas saja. Dengan fitur VOOC Flash Charge 3.0, tentunya aktivitas ngecas enggak terlalu lama, cukup 30 menit saja untuk mendapatkan baterai penuh.

Kesimpulan

Yang bisa VIVA simpulkan adalah realme selain murah, ternyata memiliki kemampuan mumpuni. Karenanya cocok banget untuk konsumen yang pengin punya Hp canggih dengan harga terjangkau.

Jika tertarik mengenal realme x, berikut ini Spesifikasinya.

Layar: Super AMOLED 6,53 inci (1.080 x 2.340 pixel) dengan lapisan perlindungan Corning Gorilla Glass 5

OS: Android 9.0 (Pie), ColorOS 6

Prosesor: Qualcomm Snapdragon 710

GPU: Adreno 616

RAM: 8GB

Memori internal: 128GB

Dua kamera belakang: 48MP dan 5MP (f/2.4)

Kamera depan: 16MP

Baterai: Li-Po 3.765 mAh dengan fitur VOOC Flash Charge 3.0.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya