Bikin Komik Kini Bisa dari Smartphone, Harganya di Bawah Rp1 Juta

Tablet grafis HS64.
Sumber :
  • prnewswire.com

VIVA – Sektor industri kreatif merupakan salah satu andalan utama Indonesia dalam menggerakan ekonomi negara. Namun, tidak banyak yang tahu cara-cara praktis dalam menuangkan kreativitas anak muda bangsa yang dapat mendatangkan keuntungan.

THR Cair! Yuk Simak Daftar Hp Realme Terbaru Harga 2 Jutaan untuk Meriahkan Lebaranmu

Komersialisasi IP (Intellectual Property) atau HAKI menjadi salah satu jawaban nyata yang dapat memecahkan masalah tersebut. Baru-baru ini Indonesia mendapatkan kehormatan dalam industri kreatif.

Huion Animation Technology, Co., Ltd perusahaan asal China memproduksi perangkat digital painting dan original handwriting yang bekerja sama dengan Ciayo meluncurkan tablet grafis. Ciayo merupakan perusahaan kreatif asal Indonesia dengan karya-karya di dunia komik digital, penciptaan game, dan karakter.

Siap-siap Menyambut Xiaomi 14 di Indonesia

Menurut Bara Adhyaksa selaku sales and marketing manager PT Bintang Indah Cemerlang, distributor tunggal Huion di Indonesia, tablet ini terdiri dari seri Inspiroy HS64, Kamvas Pro 16 dan Kamvas Pro 22, yang menyasar segmen pemula hingga profesional.

Untuk seri HS64 hadir dalam edisi spesial berupa pen tablet yang memiliki tampilan dengan karakter dari Chips & Co. milik Ciayo. Ia mengaku HS64 merupakan tablet kreatif pertama yang dapat digunakan hanya dengan menyambungkan kabel data ke smartphone berbasis Android.

THR Cair Saatnya Beli HP Baru, Harga Rp1,4 juta Sudah Dilengkapi AI

"Ini tentunya memudahkan bagi pengguna awam yang hendak memulai menggambar secara digital tanpa perlu memiliki komputer desktop atau laptop," kata Bara, lewat keterangannya, Rabu, 7 Agustus 2019.

Ia melanjutkan, bagi profesional yang terbiasa menggunakan komputer, HS64 menjadi pilihan yang sangat berguna. Mereka kini bisa bekerja di mana saja hanya dengan menggunakan HS64 dan telepon genggam pintar atau smartphone.

HS64 dibanderol dengan harga Rp800 ribu pada 1 Agustus 2019 ini memiliki ukuran 106mm x 102mm, dengan pena digital yang memiliki pressure level 8192.

Dengan tingkat tekanan tersebut, pengguna bisa menggambar seperti layaknya di atas kertas, di mana tekanan pada pena akan mempengaruhi ketebalan garis yang dibuat.

Perangkat ini dapat terhubung ke perangkat PC/Laptop maupun smartphone, dengan platform Windows, MacOS maupun Android.

Selain HS64, Huion juga meluncurkan seri Kamvas Pro, yaitu 2 tipe Pen Display dengan spesifikasi paling tinggi di pasar saat ini.

Mengusung tingkat kecerahan warna 120 persen SRGB, dua model ini memiliki layar sebesar 16 inchi dengan 6 tombol pintas untuk tipe Kamvas Pro 16. Sementara Kamvas Pro 22 memiliki besar layar 22 inchi dan 10 tombol pintas. Kamvas Pro 16 dijual seharga Rp7 juta dan Kamvas Pro 22 seharga Rp16,25 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya