Logo WARTAEKONOMI

Bisnis Xiaomi Melejit, Apa Sih Rahasianya?

Bisnis Internasional Melejit, Begini Kunci Keberhasilan Xiaomi. (FOTO: TechCrunch)
Bisnis Internasional Melejit, Begini Kunci Keberhasilan Xiaomi. (FOTO: TechCrunch)
Sumber :
  • wartaekonomi

Pendapatan pasar internasional Xiaomi meningkat 33,8 persen tahun ke tahun pada paruh pertama 2019, menjadi RMB38,6 miliar (Rp77,91 triliun). Angka itu menyumbang lebih dari 40 persen total pendapatan perusahaan yang mencapai Rp193,19 triliun.

Pada kuartal kedua pendapatan dari pasar internasional juga bertumbuh hingga 33,1 persen, menjadi RMB21,9 miliar (Rp44,20 triliun). Menurut lembaga riset Canalys, perusahaan China itu ada di peringkat lima teratas di lebih dari 40 negara dalam hal pengapalan ponsel pintar.

"Performa kami merupakan bukti kesuksesan strategi dual-engine dari smartphone + AIoT dan model bisnis dari Xiaomi," ujar CEO Xiaomi, Lei Jun dalam keterangan resminya, Rabu (21/8/2019).

Menurut IDC, ponsel pintar Xiaomi menduduki peringkat pertama di India dalam konteks pengapalan selama delapan kuartal berturut-turut. Canalys juga menyatakan, Xiaomi menduduki peringkat ke-4 dalam hal pengapalan ponsel pintar ke wilayah Eropa Barat, merepresentasikan peningkatan 53,2 persen (yoy).

Jun pun menyampaikan, "Ke depannya, kami akan selalu memperkuat kapabilitas dari litbang dan investasi kami dalam memanfaatkan kesempatan yang besar dari kehadiran pasar 5G dan AIoT serta upaya yang kuat untuk mencapai cita-cita perusahaan."

Selama semester pertama 2019, pendapatan dari produk IoT dan lifestyle Xiaomi meningkat 49,3% menjadi RMB27 miliar (Rp54,49 triliun), dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Pada kuartal II 2019, pendapatan tahun ke tahun dari produk IoT dan lifestyle meningkat 44 persen menjadi RMB14,9 miliar (Rp30,07 triliun). Produk IoT dan lifestyle berkontribusi 28,8 persen total pendapatan pada kuartal II 2019, dibanding pada periode yang sama tahun lalu dengan kontribusi sebesar 22,9 persen.