Daftar Smartphone yang Bakal Update Android 10, Ada Nokia dan Asus

Android Q
Sumber :
  • Instagram/@androidcentral

VIVA – Google akhirnya menanggalkan tema makanan pada penamaan seri Android yang dikeluarkannya. Kali ini, Android Q resmi dinamakan sebagai Android 10. Lalu smartphone mana saja yang akan mendapatkan update-an sistem operasi terbaru Google tersebut?

Andai Tak Ada Championship Series, Borneo FC Sudah Juara Liga 1 Musim Ini

Sistem operasi Android 10 diharapkan akan disebar ke publik dalam waktu dekat. Saat ini, Google sudah membolehkan beberapa seri smartphone mengadopsi Android 10 dalam versi beta. Yang sudah pasti adalah smartphone keluaran Google, seperti Pixel 3, Pixel 3XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel, Pixel XL serta Pixel 3a. 

Kabarnya, Google Pixel 4 akan meluncur ke pasaran pada Oktober tahun ini. Sudah pasti di dalamnya dipersenjatai Android 10. Selain itu, di Pixel 4 juga ada Face ID dan chip radar Soli untuk mendukung air gesture.

Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN

Lalu smartphone mana lagi yang akan mendapatkan kesempatan pertama untuk bisa mencicipi sistem operasi yang Q itu? Berikut daftarnya, dilansir dari Indiana Express, Jumat, 23 Agustus 2019.

Samsung
Sebagai vendor smartphone ternama di dunia, sudah pasti Samsung akan mendapat kesempatan untuk bisa update ke Android 10. Namun seri yang mendapat kesempatan pertama kemungkinan adalah smartphone flagship mereka, seperti S10 dan Note 10. Seri lama yang meluncur tahun lalu juga masih dapat kesempatan, seperti S9 dan Note 9.

THR Cair! Yuk Simak Daftar Hp Realme Terbaru Harga 2 Jutaan untuk Meriahkan Lebaranmu

Xiaomi
Smartphone Xiaomi juga mendapat kesempatan untuk mencicipi Android 10. Ini termasuk seri Redmi yang mulai menjadi brand tersendiri. Android 10 dalam Xiaomi akan dibenamkan ketika MIUI 11 dirilis secara resmi. Saat ini Mi 9  dan Mi Mix 3 5G sudah bisa mencicipi versi beta dari Android Q.

HMD Nokia 
Nokia bisa dibilang mendapat perhatian yang cukup besar dari HMD kalau urusan sistem operasi baru. Direktur produk Nokia, Juho Sarvikas, memastikan jika Nokia akan mendapat update ke Android 10. Beberapa seri  Nokia yang akan menjadi yang pertama update Android 10 seperti Nokia 9 PureView, Nokia 8.1,  dan Nokia 7.1. Tepatnya di akhir tahun ini. Berikutnya Nokia 7 Plus, Nokia 6.1 Plus, dan Nokia 6. 

Pada kuartal pertama 2020, makin banyak smartphone Nokia yang  yang akan mendapat update ke Android Q. Terbagi dalam 2 tahap. Tahap pertama adalah Nokia 4.2, Nokia 3.2 and 3.1 Plus dan Nokia 2.2. Sedangkan tahap kedua Nokia 8 Sirocco, Nokia 5.1 Plus, dan Nokia 1 Plus. Lalu di paruh kedua 2020, versi terbaru Android akan dibenamkan di Nokia 5.1, Nokia 3.1, Nokia 2.1, and Nokia 1.

Asus
Vendor smartphone Taiwan, Asus juga akan mendapat update Android 10. Saat ini Zenfone 5Z sudah mendapat kesempatan mencicipi Android 10 versi beta. Ini artinya sistem operasi tersebut sudah bisa resmi dicicipi di Zenfone 5Z paling awal tahun 2020.

Vivo
Beberapa smartphone Vivo sudah mendapat kesempatan menjajal versi beta dari Android Q, yakni Vivo X27, Vivo NEX S dan Vivo NEX A. Ini artinya, semua smartphone tersebut akan mendapat versi finalnya.

Huawei
Smartphone lainnya yang sudah mendapat kesempatan mencoba Android Q adalah Huawei Mate 20 Pro. Namun vendor tersebut mendapat halangan dari pemerintah Amerika, tempat lahir Android. Belum tahu apakah Android 10 akan sulit disematkan di Huawei atau tidak.

Smartphone lain yang akan mendapat kesempatan dari Google untuk sistem operasi baru ini adalah Oppo Reno, Realme 3 Pro, LG G8, serta Sony Xperia XZ3.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya