Daftar Smartphone yang Bakal Update Android 10, Ada Nokia dan Asus

Android Q
Android Q
Sumber :
  • Instagram/@androidcentral

VIVA – Google akhirnya menanggalkan tema makanan pada penamaan seri Android yang dikeluarkannya. Kali ini, Android Q resmi dinamakan sebagai Android 10. Lalu smartphone mana saja yang akan mendapatkan update-an sistem operasi terbaru Google tersebut?

Sistem operasi Android 10 diharapkan akan disebar ke publik dalam waktu dekat. Saat ini, Google sudah membolehkan beberapa seri smartphone mengadopsi Android 10 dalam versi beta. Yang sudah pasti adalah smartphone keluaran Google, seperti Pixel 3, Pixel 3XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel, Pixel XL serta Pixel 3a. 

Kabarnya, Google Pixel 4 akan meluncur ke pasaran pada Oktober tahun ini. Sudah pasti di dalamnya dipersenjatai Android 10. Selain itu, di Pixel 4 juga ada Face ID dan chip radar Soli untuk mendukung air gesture.

Lalu smartphone mana lagi yang akan mendapatkan kesempatan pertama untuk bisa mencicipi sistem operasi yang Q itu? Berikut daftarnya, dilansir dari Indiana Express, Jumat, 23 Agustus 2019.

Samsung
Sebagai vendor smartphone ternama di dunia, sudah pasti Samsung akan mendapat kesempatan untuk bisa update ke Android 10. Namun seri yang mendapat kesempatan pertama kemungkinan adalah smartphone flagship mereka, seperti S10 dan Note 10. Seri lama yang meluncur tahun lalu juga masih dapat kesempatan, seperti S9 dan Note 9.

Xiaomi
Smartphone Xiaomi juga mendapat kesempatan untuk mencicipi Android 10. Ini termasuk seri Redmi yang mulai menjadi brand tersendiri. Android 10 dalam Xiaomi akan dibenamkan ketika MIUI 11 dirilis secara resmi. Saat ini Mi 9  dan Mi Mix 3 5G sudah bisa mencicipi versi beta dari Android Q.

HMD Nokia 
Nokia bisa dibilang mendapat perhatian yang cukup besar dari HMD kalau urusan sistem operasi baru. Direktur produk Nokia, Juho Sarvikas, memastikan jika Nokia akan mendapat update ke Android 10. Beberapa seri  Nokia yang akan menjadi yang pertama update Android 10 seperti Nokia 9 PureView, Nokia 8.1,  dan Nokia 7.1. Tepatnya di akhir tahun ini. Berikutnya Nokia 7 Plus, Nokia 6.1 Plus, dan Nokia 6.