Ibu Kota Pindah, 5 Operator Lokal Beri Tanggapan Begini

Menara BTS XL Axiata area Kalimantan Selatan.
Sumber :
  • Dok. XL Axiata

VIVA – Presiden Jokowi telah mengumumkan ibu kota baru Indonesia. Wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur dipilih sebagai pengganti Jakarta nantinya. 

HKTI Usulkan HPP Gabah Naik Jadi Rp6.757

Operator telekomunikasi pun melakukan persiapan atas kepindahan ini. Berikut tanggapan operator mengenai keputusan perpindahan ibu kota ke Kalimantan Timur. 

Telkomsel
Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin mengatakan pihaknya akan melakukan persiapan yang selaras dengan program pemerintah, yaitu menjalankan pembangunan tepat di lokasi ibu kota baru. 

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

"Kalau untuk infrastruktur kita tidak bisa terlalu prematur. Tapi bagi kami itu di luar adanya atau tidak adanya tadi rencana kepindahan, bagi kami telekomunikasi menjadi sangat strategis di sana," ujarnya. 

XL Axiata
XL juga bersiap menyambut ibu kota baru dengan menyediakan jaringan terbaiknya di Kalimantan Timur. Mereka juga menyatakan kesiapannya mendukung rencana besar pemerintah itu. 

Diskriminasi Terhadap Perempuan Dalam Pekerjaan Kian Parah di Tiongkok

"Di mana pun lokasi ibu kota RI, kami, XL Axiata, siap untuk menyediakan jaringan yang terbaik. Pusat pemerintahan pasti membutuhkan infrastruktur jaringan telekomunikasi dan data yang terbaik untuk mendukung aktivitas pemerintahan," kata Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih.

Indosat
Indosat pun mendukung keputusan pemerintah dari segi layanan serta jaringan telekomunikasi. SVP-Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, Turina Farouk mengatakan wilayah Kalimantan juga menjadi salah satu fokus pembangunan Indosat untuk jaringan luar Pulau Jawa. 

"Dan sesuai dengan strategi yang sudah kami canangkan, kami konsentrasi membangun jaringan luar Pulau Jawa, termasuk seluruh wilayah Kalimantan," kata Turina. 

Smartfren
Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys menyatakan pihaknya siap mendukung rencana pemindahan ibu kota termasuk soal tersedianya infrastruktur telekomunikasi dan jalannya pemerintahan berbasis sistem elektronik. 

"Smartfren akan terus mengikuti rencana lebih lanjut dari pemerintah dalam program pemindahan ibu kota tersebut," ujar Merza.

Tri
Sejalan dengan operator lainnya, Tri juga ikut mendukung keputusan pemerintah itu. Wakil Presiden Direktur Tri Indonesia, Danny Buldansyah mengatakan keputusan pemerintah sudah melewati sejumlah kajian sehingga sangat tepat untuk kemajuan Indonesia. 

"Tentunya Tri akan mendukung keputusan ini dan akan menyediakan layanan telekomunikasi seluler  terbaik," kata Danny.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya