Realme 5 Pro vs Vivo S1, Duel Kamera Smartphone Rp3 Jutaan

realme 5 Pro dan Vivo S1
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Pasar smartphone kelas menengah tak henti-hentinya bergejolak. Para vendor smartphone berbondong-bondong merilis produk jagoannya ke pasar Indonesia. Salah satu vendor yang cukup rutin merilis produk adalah realme. 

THR Cair! Yuk Simak Daftar Hp Realme Terbaru Harga 2 Jutaan untuk Meriahkan Lebaranmu

Realme baru saja merilis realme 5 Pro yang dijuluki Quad Camera SpeedMaster. Ponsel ini terbilang spesial karena merupakan ponsel  dengan empat kamera belakang pertama dari realme di Indonesia. Namun perjalanan realme 5 Pro di pasar tidak akan mudah. 

Sebab, Vivo juga baru saja merilis smartphone di segmen yang sama. Adalah Vivo S1 yang menjadi smartphone kelas menengah Vivo saat ini. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai keunggulan masing-masing, mari simak perbandingan berikut ini. 

3 HP Ini Perdana Pakai Snapdragon 7+ Gen 3

Desain

Desain menjadi penting karena menjadi salah satu faktor utama konsumen dalam membeli smartphone. Fakta itu diterjemahkan dengan baik oleh realme melalui realme 5 Pro. Seperti sudah menjadi tradisi, realme 5 Pro mengadopsi desain potongan berlian. Desain tersebut dibalut oleh warna holografik, seperti Crystal Green dan Sparkling Blue. 

Realme, Redmi dan Xiaomi akan Memakai Snapdragon 8s Gen 3

Realme 5 Pro  datang dengan layar FHD+ 6,3 inci yang menjamin tampilan luas dan jelas kepada pengguna. Selain itu, terdapat dewdrop di bagian atas layar yang berfungsi sebagai dudukan kamera depan dan sensor. 

Sedangkan bodo Vivo S1 tampil dalam kombinasi dua warna yang ciamik. Vivo sendiri menyediakan warna Cosmic Green dan Skyline Blue. Di ponsel ini, Vivo S1 menggunakan desain 2,5 D yang membuat tiap sisinya melengkung. 

Di urusan display, Vivo S1 menggunakan layar dengan resolusi Full HD+ dengan bentang 6,48 inci. Ukuran layar yang cukup luas untuk pengguna yang gemar menonton video di ponsel. 

Kamera

Realme 5 Pro memiliki empat kamera yang tersusun secara vertikal di belakang. Kombinasi keempat kamera antara lain lensa utama 48 MP yang diperkuat oleh Sony  IMX586, lensa ultra  wide angle 8 MP, lensa ultra makro, dan terakhir lensa potrait. Sementara kamera depannya berukuran 16 MP dan sudah dilengkapi dengan AI Beauty. 

Kombinasi empat kamera juga ditambah oleh dua fitur unggulan yakni Nightscape dan Chroma Boost. Jika Nightscape berfungsi untuk memaksimalkan pengambilan gambar di malam hari, Chroma Boost dapat meningkatkan detail dan mengenali informasi pemandangan. 

Jika realme 5 Pro menggunakan empat kamera belakang, maka Vivo S1  menggunakan tiga buah kamera belakang dengan konfigurasi lensa utama 16 MP (sensor Sony IX499), lensa super wide angle  8 MP, dan lensa kedalaman 2 MP. Namun di bagian depan, realme 5 Pro menggunakan kamera depan 32 MP. 

Chipset

Di bagian chipset, realme 5 Pro menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 712 AIE yang disokong oleh arsitektur delapan inti Kyro. Prosesor  tersebut terbilang spesial karena menggunakan teknologi proses FinFET 10nm canggih untuk secara efektif mengurangi konsumsi daya prosesor. 

Realme 5 Pro didukung oleh Adreno 616 GPU untuk pengolahan grafis sehingga game kelas berat bisa dieksekusi dengan baik. Terbukti bahwa game PUBG Mobile dapat dijalankan dengan baik oleh realme 5 Pro. 

Di sisi lain, Vivo S1 lebih memilih untuk menggunakan chipset MediaTek Helio P65 yang diproduksi dengan teknologi fabrikasi yang lebih besar, yakni 12 nm. 

Baterai

Patut diakui, realme 5 Pro sangat unggul di sektor baterai. Ponsel ini didukung oleh baterai dengan kapasitas 4.035 mAh yang dapat mendukung  aktivitas pengguna. Secara bersama, realme 5 Pro sudah mendukung AI Freezer untuk manajemen daya yang ciamik. 

Di  dalam realme 5 Pro, terdapat teknologi VOOC Flash Charge 3.0 menghadirkan 18 teknologi pengisian cepat bertegangan rendah yang dipatenkan. Teknologi ini menggunakan mode tegangan renda, arus tinggi, untuk mencapai waktu pengisian yang lebih cepat. 

Sedangkan Vivo S1 menggunakan baterai 4.500 mAh sebagai sumber daya. Baterainya juga sudah mendukung Dual Engine Fast Charging yang dapat mempercepat waktu pengisian daya. 

Kesimpulan

Realme 5 Pro ditawarkan dalam dua varian, yakni 4GB+128GB dengan harga Rp 2.999.000 & 8GB+128GB dengan harga Rp 3.699.000. Harga yang cukup bersahabat bagi konsumen, terlebih dengan berbagai fitur unggulan yang tersemat di dalamnya. 

Pada saat diluncurkan secara resmi, Vivo S1 ditawarkan ke konsumen dengan harga resmi Rp3.599.000, atau lebih tinggi daripada realme 5 Pro.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya