5 Perbedaan Samsung Galaxy A10s dengan A10

Samsung Galaxy A10s
Sumber :
  • VIVA.co.id/Misrohatun Hasanah

VIVA – Beda Samsung Galaxy A10s dan A10. Samsung belakangan membombardir pasar smartphone tanah air. Mulai dari harga Rp1 jutaan sampai Rp10 juta ke atas.

Galaxy AI Hadir dalam Bahasa Indonesia, Cukup 3 Langkah

Yang menarik, hampir semua perangkat yang dijual merupakan upgrade dari seri sebelumnya, hanya ditambahkan huruf s di bagian depan. Lalu apa sejatinya beda antara Samsung tanpa S dengan S? Misalnya, beda Samsung A10s dan A10.

A10 menjadi A10s, lalu A20 menjadi A20s, M30 menjadi M30s, demikian seterusnya. Nah, untuk yang paling murah dan menjadi idola di segmen low end, ada Samsung A10s yang memiliki beberapa peningkatan dari Samsung Galaxy A10.

Tablet Samsung yang Baru bikin Penasaran

Setidaknya ada 5 hal yang membuat beda Samsung Galaxy A10s dan A10.

Desain

Seluruh Personel AD, AL dan AU Dilarang Pakai iPhone, Bolehnya Samsung

Perbedaan yang sangat mencolok terlihat dari desain belakang Samsung Galaxy A10s. Utamanya karena kamera di bodi belakang ada dua, dan lampu flash LED dletakkan di luar lengkungan ruang kamera. Ditambah ada fingerprint pad yang ada di belakang bodi sehingga perbedaannya cukup kentara.

Kamera

Jika jumlah kamera di bagian belakang Samsung Galaxy A10 hanya satu dengan resolusi 13MP f/1.9, maka Samsung menambahkannya menjadi dua untuk A10s. Resolusi utama 13MP dengan f/1.8. Sedangkan kamera kedua memiliki besaran 2MP bukaan f/2.4 yang mampu 2x zoom.

Sedangkan kamera selfie A10 hanya beresolusi 5MP bukaan f/1.9, sedangkan A10s beresolusi 8MP dengan bukaan f/2.0

Fingerprint

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Samsung A10s memiliki fitur keamanan berupa pemindai sidik jari di bagian belakang. Fingerprint ini bisa melindungi smartphone dari hal-hal yang tidak diinginkan dan membuatnya lebih personal. 

Di A10 memang belum ada fingerprint scanner, namun ada fitur keamanan Face Recognition. Beruntungnya, fitur Face Recognition juga masih ada di A10s.

Baterai

Saat meluncur pertama kali, Samsung Galaxy A10 memiliki baterai dengan kapasitas 3700 mAh. Sekarang, dengan A10s, kapasitas baterainya bertambah menjadi 4000 mAh. Ini artinya daya tahan A10s lebih lama ketimbang A10.

Prosesor

Meski sama-sama memiliki RAM 2GB dan ROM 32GB, serta dipersenjatai dengan sistem operasi Android 9 Pie, namun dari sisi prosesor keduanya jelas beda. Jika A10s memiliki prosesor octa core kecepatan 2GHz, sedangkan pendahulunya hanya 1,6GHz.

Tertarik membeli yang mana, gengs?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya