Ponsel Layar Lipat Samsung Galaxy Fold Tawarkan Lima Keunggulan

Samsung Galaxy Fold
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – Samsung Galaxy Fold menandakan era ponsel lipat untuk Samsung. Produk tersebut diperkenalkan dalam gelaran Samsung Unpacked Februari lalu dan baru saja dirilis di Indonesia.

Google Plans to Charge for AI-powered Search Engine

Product Marketing Manager Samsung Mobile Taufiq Furqan menyebutkan sejumlah keunggulan dari produk baru Samsung tersebut. Mulai dari segi desain serta fitur-fitur yang ditawarkan dalam Galaxy Fold.

"(Galaxy Fold) Ini adalah new category adalah foldable phone. Terus akan merasakan experience baru penggunaan telepon, yang tadinya satu layar ke dua layar. Apa sih keunggulannya dengan adanya dua layar di depan dan di dalam," ujar dia di peluncuran Samsung Galaxy Fold, Jakarta, Jumat, 13 Desember 2019. 

Elon Musk Kirim 'Surat Cinta' untuk Pengguna Baru X

Berikut ini lima fitur yang hadir dalam Samsung Galaxy Fold. 

1. Desain

Tim Cook Datang ke Indonesia Besok, Apple Turun Takhta

Taufiq menjelaskan dalam lima tahun lalu ukuran layar smartphone menjadi lebih besar mulai dari 4,7 inci sampai 5,5 inci, lalu berkembang lebih besar lagi, seperti Note 10+, yaitu dengan ukuran 6,7 inci. Untuk Galaxy Fold ini hadir dengan 7,3 inci ukuran layar di bagian dalamnya dengan Dynamic Amoled pada Infinity Flex Display.

"Ini teknologi terbaru dari Samsung. Karena memang untuk layar infinity flex ini harus bisa dilipat dan harus bisa tahan lama. Jadi, saat dilipat tidak boleh cracking," kata Taufiq.

2. Mekanisme engsel

Galaxy Fold menggunakan engsel untuk membuka dan menutup ponsel. Taufiq menjelaskan, Samsung mendesain engselnya tetap kuat untuk dilipat.

"Karena menggunakan smartphone merupakan barang yang primary buat kita sekarang ini. Galaxy Fold kita garansi 200 ribu kali dibuka tutup, sehingga dengan asumsi 100 kali buka tutup 100 kali bisa untuk lima tahun," tuturnya.

3. Dua layar

Taufiq menjelaskan, layar di bagian depan diperuntukkan untuk penggunaan satu tangan. Untuk pengalaman lebih lanjut bisa menggunakan layar lebih besar di bagian dalam.

"Di situ untuk melihat sosial media, melihat foto, browsing. Untuk browsing 1,6 kali lebih besar dari smartphone biasa," ujar Taufiq.

4. Aplikasi pada layar

Jika pengguna menggunakan satu aplikasi di bagian luar ponsel, maka saat dibuka aplikasi tersebut akan langsung terbuka tanpa melewati home terlebih dulu. Taufiq menjelaskan, jika Samsung bekerja sama dengan mitra-mitranya untuk memastikan aplikasi mereka bisa berjalan dengan lancar.

"Jadi misalnya buka Google Maps di layar depan, tinggal dibuka nantinya layarnya akan langsung muncul Google Maps-nya. Bukan home screen atau apa, langsung aplikasi yang sedang kita buka," kata dia.

5. Multi-active window

Dalam layar bagian dalam ponsel, pengguna Galaxy Fold bisa menggunakan tiga aplikasi dalam satu layar secara bersamaan. Pengaktifannya bisa dengan memilih aplikasi pada side bar.

Ketiga aplikasi itu akan memiliki ukuran berbeda tergantung pada letaknya dan salah satunya menjadi layar utamanya. Taufiq mengatakan jika aplikasi-aplikasi ini bisa diatur peletakannya juga. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya