Logo ABC

Belum 1 Hari Dirilis, Aplikasi COVID-19 Diunduh Lebih dari Satu Juta

App COVIDSafe akan digunakan untuk melacak siapa saja yang melakukan kontak dengan mereka yang positif terkena virus corona di Australia.
App COVIDSafe akan digunakan untuk melacak siapa saja yang melakukan kontak dengan mereka yang positif terkena virus corona di Australia.
Sumber :
  • abc

Belum satu hari dirilis ke publik, aplikasi COVID-19 sudah diunduh lebih dari satu juta orang. Ya, hanya dalam waktu lima jam saja, lebih dari satu juta warga Australia sudah menguduh aplikasi COVIDSafe yang diluncurkan oleh pemerintah Australia, Minggu malam, 26 April 2020.

Tujuan dari aplikasi ini diluncurkan untuk menekan penyebaran wabah Virus Corona, di mana butuh 40 persen warga Australia yang menggunakannya. Pemerintah Australia telah meyakinkan warganya jika data pribadi yang disimpan aman.

Pemerintah Australia awalnya memperkirakan jumlah yang menggunduh hingga satu juta baru akan tercapai dalam waktu beberapa hari.

"Pada pukul 06:00 Senin pagi, sekitar 1,13 juta warga Australia sudah mengunduh aplikasi ini. Sebelumnya, kami berharap, harapan paling optimistis, bahwa kami akan mendapat angka 1 juta itu dalam waktu lima hari,” kata Menteri Kesehatan Australia, Greg Hunt.

Aplikasi COVIDSafe dibuat untuk membantu pemerintah Australia agar bisa dengan cepat melacak gerakan siapa saja yang positif tertular virus corona dan siapa saja yang pernah melakukan kontak dengan mereka yang tertular dalam 21 hari.

Dengan menggunakan teknologi Bluetooth, aplikasi ini merekam identitas dari pengguna yang berjarak sekitar 1,5 meter selama 15 menit.

Mereka yang hendak mengunduh akan diminta memberikan informasi mengenai nama, boleh juga menggunakan nama samaran, nomor ponsel, kode pos dan rentang usia.