Kemenkes Kerahkan 'Tentara Rakyat' untuk Perangi Virus Corona

Petugas NHS Inggris sedang menangani kasus virus corona.
Sumber :
  • The Guardian

VIVA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Inggris memiliki 'tentara rakyat' yang siap untuk menguji hingga melacak warganya yang terpapar Virus Corona. Menteri Kesehatan (Menkes) Matt Hancock mengatakan negaranya siap untuk bergerak ke tahap berikutnya dalam memerangi wabah Corona bagi siapa saja yang mungkin telah terinfeksi virus ini.

Pembunuhan Wanita Hamil di Kelapa Gading, Pelaku Rampas Ponsel Korban Sebelum Kabur

Ia menguraikan skema percontohan yang akan dimulai di Isle of Wight pada Selasa, 4 Mei waktu setempat atau Rabu hari ini, 5 Mei 2020, saat kapasitas pengujian Inggris mencapai 108 ribu. "Siap-siaplah, kita akan memulai uji coba secara acak di Isle of Wight. Dimulai dari tenaga kesehatan, dan kemudian ke semua warga," katanya, seperti dikutip dari situs Metro, Rabu, 5 Mei 2020.

Hancock juga menghaturkan terima kasih kepada semua warga Inggris Raya yang berada di garis depan untuk membuat negeri tercintanya 'berdiri kembali'. "Saya punya pesan sederhana. Silakan unduh Aplikasi Virus Corona untuk melindungi dan menyelamatkan nyawa kita semua," ungkap dia.

UNICEF Desak Aksi Global untuk Melindungi Anak-Anak dari Senjata Peledak Mematikan

Dengan mengunduh aplikasi tersebut, maka sebagai warga negara yang baik kita melindungi kesehatan diri sendiri, kesehatan orang yang dicintai, serta kesehatan komunitas di lingkungan.

Aplikasi Virus Corona bernama Track and Trace itu telah banyak dibahas sebagai strategi jangka panjang untuk membantu perang melawan COVID-19. Karena, hal itu memungkinkan para ahli untuk mengetahui di mana virus tersebut menyebar. Aplikasi ini terbukti berhasil diterapkan di sejumlah negara.

Menkes Budi Paparkan Penanganan Penyakit Arbovirus

Aplikasi Pelacak Virus Corona, Track and Trace.

Aplikasi Pelacak Virus Corona, Track and Trace.

"Sementara 'tentara rakyat' akan mengelola telepon dan menemukan kontak untuk mendukung orang-orang yang menyebarkan informasi terkait Virus Corona," jelas Hancock.

Cara kerjanya adalah warga Inggris Raya akan menerima informasi terperinci lebih lanjut dari Layanan Kesehatan Nasional (NHS). Hancock menambahkan, untuk daerah yang terisolasi, Aplikasi Track and Trace dapat diuji coba dalam kondisi yang dikontrol secara ilmiah.

Akan tetapi, menurutnya, sejumlah masalah telah diangkat seputar keamanan aplikasi, termasuk keamanan dunia maya, keamanan klinis, dan kinerja. Berdasarkan laporan terbaru menyatakan belum cukup aman untuk diluncurkan di seluruh negeri Ratu Elizabeth II.

Hancock kemudian secara tegas mengatakan Aplikasi Track and Trace telah diuji coba secara tertutup di pangkalan milik Angkatan Udara Inggris.

"Setelah Anda menginstal aplikasi ini maka secara otomatis akan mulai mencatat jarak antara ponsel Anda dan ponsel lain dengan aplikasi terdekat. Log informasi kedekatan ini kemudian akan disimpan dengan aman di ponsel Anda," ungkapnya.

Aplikasi Track and Trace menggunakan bluetooth untuk memperingatkan pengguna ponsel ketika mereka setelah 15 menit melakukan tes untuk menunjukkan apakah mereka positif terpapar COVID-19 atau baru mengalami gejala. Pengguna pun diminta untuk mengisolasi diri jika mereka telah melakukan kontak dengan seseorang yang terinfeksi Corona.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya