Logo BBC

Alibaba dan Tencent Mau Lengserkan Aplikasi Zoom

Aplikasi Zoom.
Aplikasi Zoom.
Sumber :
  • ITnews

Bukan hanya Google, Microsoft, dan Facebook yang ingin mendongkel ketenaran Aplikasi Zoom. Dua aplikasi rapat online asal China juga melakukan hal serupa. Keduanya adalah DingTalk yang disokong Alibaba dan Voov yang dibeking Tencent.

Seperti diketahui, aplikasi rapat online kini menjadi begitu penting saat masyarakat dunia beradaptasi pada situasi normal baru di tengah pandemi Virus Corona COVID-19.

Kendati kebijakan `lockdown`, pembatasan sosial atau karatina wilayah mulai dilonggarkan, namun rapat online dianggap lebih aman dan nyaman untuk tetap berkomunikasi soal urusan bisnis maupun bercengkerama dengan sanak keluarga.

Aplikasi Zoom kini menjadi aplikasi yang digunakan jutaan orang. Aplikasi ini mengungguli produk buatan perusahaan teknologi besar seperti Microsoft, Google, dan Facebook.

Namun, Zoom kini menghadapi tantangan dari sejumlah korporasi tekonologi besar di China. Sejak September 2019, pemerintah China untuk sementara waktu memblokir aplikasi tersebut. Akibatnya, terdapat ceruk pasar yang terbuka untuk aplikasi lokal, seperti DingTalk yang disokong Alibaba dan Tencent yang dibiayai Voov.

Zoom
Reuters
Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, menggelar pertemuan virtual dalam Lokakarya Hidden Harms Summit, melalui aplikasi Zoom, 21 Mei lalu.