Ponsel Android

Milestone dan CliQ, Android dari Motorola

Motorola Razr.
Sumber :
  • Motorola

VIVAnews - Ponsel berbasis sistem operasi Android belum banyak beredar. Akan tetapi, sejumlah produsen sudah menghadirkan produk Android mereka ke pasaran. Sayangnya, banyak pengguna yang belum menyadari keberadaan ponsel Android.

Tampilan Baru WhatsApp

Berikut ini ponsel Android yang direkomendasikan Lucky Sebastian, aktivis gadget sekaligus penggiat Android dari komunitas ID Android.

2. Motorola Milestone (Rp 7,25 juta)
Ponsel yang didistribusi Motorola Droid asal Amerika Serikat ini menawarkan kecepatan yang juga tak sembarangan. Dilengkapi 3G HSDPA 10,2 Mbps dan HSUPA 5,76 Mbps membuat Milestone masuk dalam pilihan teratas di jajaran ponsel Android.

Ada yang Hilang dari Apple iPad Pro M4

Keyboard slide yang dipunyai membuatnya tampil lebih elegan. Namun, hadirnya keyboard bukan berarti ponsel dengan berat 165 gram ini kemudian tidak dilengkapi layar sentuh. Motorola tak lupa menyematkan layar sentuh capacitive TFT 16.000 warna dengan 480 x 854 piksel.

Multi-touch input, sensor accelerometer, kamera 5MP autofocus, dan GPS, seakan-akan menjadi fitur wajib ponsel yang membenamkan prosesor Cortex A8 550 MHz dan OS Android v.2 (Eclair).

Anak Mulai Pakai Ponsel Harus Dipantau, Bisa Timbulkan Risiko Negatif Ini Bun!

“Kelebihan Milestone memang terletak pada keyboard. Kalau soal speed, dia masih kalah dibandingkan Nexus One. Kemampuan prosesor setara dengan iPhone. Kalau iPhone berkemampuan 600 MHz, ia sekitar 550 MHz,” kata Lucky.

“Jadi bisa dibayangkan akselarasinya. Masih layak dipertimbangkan,” ucap Lucky saat berbincang-bincang dengan VIVAnews, usai gathering perdana XL bersama komunitas ID Android di Jakarta, 18 Januari 2010.

3. Motorola CliQ (Rp 5,7 juta)
Satu lagi dari keluarga Motorola, Motorola Dext MB220 atau dikenal dengan codename Motorola CliQ. Sama halnya dengan Milestone, ia hadir bersama keyboard Qwerty slide, yang seolah-olah menjadi karakter kuat ponsel Android ala Motorola.

Mengusung data 3G HSDPA 7,2 Mbps, ponsel layar sentuh capacitive TFT 256.000 warna ini menawarkan resolusi lebih kecil ketimbang Milestone, yakni 320x480 piksel. Namun, untuk kemampuan kamera, prosesor, dan memori, ia masih bisa disetarakan dengan ‘saudara’ kembarnya itu.

“Masih memakai OS Android v1.5 atau Cupcake. Melihat fisik dan fiturnya, saya kira CliQ segmentasinya lebih ke anak muda,” kata Lucky. ‘Kelebihannya terletak pada Motoblur UI (user interface), yang mana pengguna bisa connect ke sejumlah account jejaring sosial (Twitter, Facebook, dan sebagainya) lewat satu pintu. Cocok bagi mereka para socialite (sosialita),” ucap Lucky.

Lanjutkan ke bagian ketiga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya