Ada yang Baru dan Gratis untuk Pengguna Xiaomi Mi 10

Xiaomi Mi 10
Sumber :
  • Xiaomi

VIVA – Android 11 Beta 1 akhirnya mendarat di Xiaomi Mi 10 dan Mi 10 Pro. Sebelumnya, perusahaan asal China sudah berjanji akan menghadirkan sistem operasi terbaru bagi dua ponselnya.

Coba-coba Bikin Mobil Listrik, Xiaomi Dibuat Kaget

Untuk menggunakannya, pengguna harus lebih dulu memasang USB Driver di komputernya. Lalu, membuka kunci bootloader serta flash ROM dengan Mi Flash Tools, seperti dikutip VIVA Tekno dari laman GSM Arena, Rabu, 17 Juni 2020.

Seperti diberitakan sebelumnya, Google sudah resmi merilis versi Beta dari Android 11. Peluncuran itu sempat tertunda ,karena perhatian masyarakat tengah berfokus pada masalah rasis di Amerika Serikat.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Android 11 ini membawa tiga update pada ponsel Android. Salah satunya adalah memindahkan seluruh percakapan pada aplikasi pesan, ke ruang khusus di bagian notifikasi.

Baca juga: Bongkar 'Isi Perut' Smartphone Murah Spesifikasi Mewah

Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Pro Plus 5G: Desain Unik, Performa Gahar dan Harga Terjangkau

Vice President Android Engineering, David Burke mengatakan pengguna bisa menandai percakapan sebagai prioritas untuk memberikan preferensi. Dengan begitu tidak akan ada pesan yang terlewat.

Android 11

"Percakapan penting akan muncul di layar, dan bahkan menerobos pengaturan Do Not Disturb," ungkapnya.

Selain itu, Android 11 juga bisa membuat pengguna mengakses lebih cepat dan mengontrol perangkat pada satu tempat, yaitu menekan tombol power. Burke mengatakan, fitur ini bisa dipakai untuk menyesuaikan suhu ruangan, menyalakan lampu atau membuka kunci pintu.

Privasi juga jadi fokus utama Android 11 ini. Burke menyebutkan, jika Android selalu merilis kontrol privasi dan keamanan baru, membuat pengguna bisa memutuskan bagaimana dan kapan data di perangkat bisa dibagikan.

Android 11 memiliki kontrol ganular untuk izin yang lebih sensitif. Dengan satu kali izin, pengguna bisa memperbolehkan aplikasi mengakses mikrofon, kamera, atau lokasi dalam satu waktu.

"Sebagai tambahan, jika kamu belum menggunakan aplikasi untuk jangka waktu yang lama, kami akan 'auto-reset' seluruh izin terkait aplikasi dan memberikan notifikasi kepada Anda hal yang sama," tulis Burke.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya