Smartphone Rp4 Jutaan Boleh Bangga Bisa Pakai Prosesor 5G

Snapdragon 690 5G.
Sumber :
  • Business Standard

VIVA – Qualcomm baru saja mengumumkan peluncuran prosesor atau chipset untuk kelas menengah, yaitu Snapdragon 690 yang mendukung teknologi 5G. Hal ini menandakan prosesor tersebut sebagai yang pertama menggunakan jaringan terbaru itu pada seri 6.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Sistem-on-chip terbaru ini ditunjukkan untuk smartphone kelas menengah yang berada di segmen US$300-US$500 atau Rp4,2 juta hingga Rp7,1 juta, seperti dikutip dari laman Business Standard, Rabu, 17 Juni 2020.

Menurut President Qualcomm Incorporated, Christiano Amon, kehadiran perangkat dengan Snapdragon 690 diharapkan tersedia secara komersial pada paruh kedua tahun ini.

Volume Transaksi BRImo Capai Rp 1.251 Triliun di Kuartal I-2024

Ia juga mengaku jika kehadirkan chipset ini agar 5G bisa lebih mudah diakses untuk lebih dari 2 miliar pengguna smartphone di seluruh dunia.

"Dengan lebih dari 375 desain 5G yang diluncurkan atau hingga saat ini sedang dalam pengembangan menggunakan solusi 5G Qualcomm Technologies, kami memimpin penyebaran 5G di seluruh tingkat yang berbeda untuk menghadirkan kamera, artificial intelligence, dan pengalaman gaming generasi selanjutnya yang semakin meluas," ujar Amon.

Setuju Pembatasan Impor Barang Jadi Elektronik

Snapdragon 690 dengan konektivitas 5G memberikan akses superior pada game multi-player berbasis cloud secara virtual. Selain itu dilengkap dengan Qualcomm AI Engine generasi ke lima yang membuat smart camera dan video, penerjemah suara, imaging berbasis AI, dan pengalaman gaming ditingkatkan melalui Artificial Intelligence.

Chipset baru ini juga membawa pengalaman mobile premium, misalnya dukungan 4K HDR serta mengambil foto dengan ukuran mencapai 192 megapixel. Snapdragon 690 juga mendukung refresh rate display 120Hz. Selain itu Qualcomm juga membenamkan Wifi 6 serta Bluetooth 5.1 untuk Snapdragon 690 5G.

Sejumlah perusahaan teknologi itu juga mengumumkan smartphone mereka akan ditenagai oleh Snapdragon 690. Beberapa diantaranya adalah HMD Global, LG Electronics, Motorola, Sharp, TCL, dan Wingtech.

Sebelum masuk ke seri-6, Qualcomm juga telah mendukung penggunaan jaringan 5G untuk prosesor di level lebih tinggi yaitu seri-7 (Snapdragon 765) dan seri-8 (Snapdragon 855 serta 865).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya