Utak-atik Earphone Rancangan Desainer Hermes

Realme Buds Q.
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Generasi milenial atau anak muda tidak hanya menggandrungi smartphone tapi juga earphone nirkabel. Perangkat ini untuk menemani aktivitas harian mereka. Asal tahu saja, ada banyak fitur baru yang terus-menerus dibenamkan pada earphone yang membuat perangkat mini itu semakin dicari konsumen, termasuk di Indonesia.

Mengembangkan Bakat Jepret-jepret Pakai Ponsel

Produsen smartphone China, Realme, terus berinovasi dalam menciptakan perangkat AIoT (Artificial Intelligence and Internet of Things) berbasis perangkat audio. Populer dengan nama True Wireless Stereo (TWS), Realme kembali menghadirkan perangkat audio terbarunya, Buds Q, yang sudah rilis di Indonesia pada Selasa, 30 Juni 2020.

TWS entry-level ini dibuat khusus oleh desainer yang bekerja sama dengan merek fesyen ternama Hermes, Jose Levy. Realme Buds Q diklaim sebagai salah satu wujud dari ambisinya dalam bidang AIoT. Berikut ulasan VIVA Tekno terhadap perangkat yang digadang sebagai TWS pertama berdesain premium yang cuma dibanderol Rp400 ribu tersebut.

Realme Bela-belain Boyong Lagi Ponsel Flagship ke Indonesia demi 3 Besar

Baca: Harga Realme C11 dan BudsQ Menggiurkan

Tak bisa dipungkiri, menggandeng desainer Hermes untuk merancang Buds Q menjadi kebanggan tersendiri bagi Realme. Dalam merancang bentuk Buds Q, Levy terinspirasi dari bentuk batu alam yang terlihat biasa, namun ditambah dengan sentuhan citarasa kelas premium menjadikan TWS ini elegan ketika digunakan.

Realme 12+ 5G, Kameranya Mengesankan

Bentuk bulat seutuhnya ditambah dengan finishing buram menjadikan Realme Buds Q varian warna Black Pebble terlihat sangat elegan dan bergaya. Bentuk buds-nya juga unik dan menarik. Bulat seperti batu alam namun telah disesuaikan dengan kontur telinga pengguna.

Desainnya yang melengkung seutuhnya tanpa garis lurus ini terasa ergonomis untuk digunakan sehingga tidak terasa sakit. Berkat bobotnya yang hanya 35,4 gram, Realme Buds Q nyaman digunakan dalam jangka waktu lama.

Pemula tapi mahal

Realme Buds Q.

Produk kelas pemula rasa kelas mahal, berkat adanya tiga jenis ear tips, yakni ukuran besar, sedang, dan kecil. Pengguna bisa memilih ear tips yang cocok dengan kenyamanan telinga Anda untuk menambah kenyamanan ketika menggunakannya.

Tidak perlu khawatir jika Realme Buds Q akan rusak jika terkena air. Sebab, berkat adanya sertifikasi IPX4, perangkat ini telah tahan percikan air, hujan, dan keringat sekalipun.

Realme Buds Q tersedia dalam warna Black Pebble & White Pebble yang keduanya melengkapi bentuk batu alam. Selain itu, TWS ini juga tersedia dalam warna Yellow Pebble yang identik dengan konsep bebatuan dan juga warna khasnya.

Suara memukau

Dibekali koneksi Bluetooth 5.0, maka pada jarak jangkauan hingga 10 meter, Realme Buds Q bisa tetap terkoneksi ke smartphone. Menariknya lagi, TWS ini memiliki latensi super rendah 119 ms dalam mode gaming. Artinya, pengguna dapat sinkronisasi sempurna antara video dan audio saat bermain game atau menonton film.

Tidak berhenti di situ. Realme Buds Q mendukung audio berkualitas tinggi AAC, yang merupakan algoritma pengkodean rasio kompresi tinggi dengan music fidelity yang tinggi dan pengalaman mendengarkan yang lebih baik. Sinyal elektromagenetik kuat di lingkungan sekitar akan mengganggu koneksi Bluetooth.

Koneksi yang cepat dan stabil antara smartphone dengan Realme Buds Q memberikan pengalaman memukau untuk Anda yang suka mendengarkan musik seharian. Selain itu, bass boost driver besar 10mm mampu hasilkan suara bass dengan beat kencang.

Sentuhan cerdas

Pengaturan volume pada Realme Buds Q dari level awal ke tengah masih terasa getaran bass pada musik yang diputar. Saat mengatur bass boost pada perangkat ini terasa sentuhan powerful-nya.

Ditambah lagi koneksi instan berkat generasi baru teknologi pairing, chip R1Q, secara cerdas perangkat akan langsung terhubung ke smartphone setiap kali akan menggunakan Realme Buds Q dengan membuka case perangkat.

Selanjutnya, TWS ini dilengkapi dengan sentuhan cerdas pada sistem kontrol sehingga pengguna dapat menjawab atau mengakhiri panggilan telepon, berganti musik hingga mengaktifkan mode gaming atau permainan. Tentunya, mengatur seluruh fungsi sentuh tersebut dilakukan melalui aplikasi Realme Link.

Pemakaian 20 jam

Lalu, pada perangkat ini juga sudah dilengkapi dengan mic noise cancellation atau menyaring suara bising yang bisa membuat aktivitas pengguna semakin efisien. Adapun baterai pada Realme Buds Q memiliki daya 40mAh bawaan serta baterai 400mAh dalam case-nya.

Dengan kapasitas ini pengguna dapat menggunakan telepon secara terus-menerus selama 3 jam dan mendengarkan musik tanpa henti selama 4,5 jam, atau sama dengan menonton 2 film dan 4-5 episode dari serial TV.

Sebenarnya, dengan case pengisian daya, Realme Buds Q dapat digunakan dengan total pemakaian 20 jam. Dengan rata-rata penggunaan 3 jam per hari maka perangkat ini hanya perlu diisi ulang daya satu minggu sekali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya