Logo BBC

Akun Facebook Pendukung ISIS Berbahasa Indonesia Masih Bertebaran

ISIS.
ISIS.
Sumber :

Logo ISIS
Getty Images

Akun-akun Facebook yang terhubung dengan kelompokĀ Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) masih ada yang belum terdeteksi oleh media sosial milik Mark Zuckerberg tersebut, menurut sebuah laporan.

Beberapa akun adalah akun berbahasa Indonesia dan ditujukan bagi komunitas Indonesia. Salah satu akun Facebook berbahasa Indonesia yang direkam di dapur, misalnya, menampilkan seorang pria mengenakan balaklava yang menjelaskan cara membuat peledak menggunakan barang-barang rumah tangga.

Pengikut dan teman akun-akun utama Facebook itu mencakup pendukung ISIS dari sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Taktik salah satu jaringan untuk mengelabui deteksi tersebut adalah dengan menggabungkan materialnya dengan konten-konten dari situs berita asli, seperti rekaman siaran berita dari TV dan musik tema milik BBC News.

Jaringan itu juga membajak akun-akun Facebook, dan mengunggah video tutorial yang mengajarkan kepada jihadis-jihadis lainnya bagaimana cara membajak akun.

Facebook mengatakan "tidak memiliki toleransi terhadap propaganda terorisā€. Institut Dialog Strategis (ISD), yan melakoni kajian ini, melacak 288 akun-akun Facebook yang terhubung dengan sebuah jaringan ISIS tertentu selama tiga bulan.