Ada yang Beda dari Aplikasi Ojek Online di PSBB Jakarta Kali Ini

Screenshot aplikasi ojol milik Gojek.
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Ada yang berbeda dari penyelenggaraan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB ketat DKI Jakarta yang dimulai Senin hari ini, 14 September 2020. Angkutan ojek online seperti Gojek dan Grab tetap beroperasi seperti biasanya.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Pantauan VIVA Tekno, baik versi iOS dan Android, untuk layanan Grabbike serta Goride masih tersedia. Selain itu di aplikasi Grab juga terdapat pengingat agar masyarakat selalu menggunakan masker, membayar dengan cashless, membersihkan tangan, dan tidak berkendara jika memiliki gejala atau pun positif COVID-19.

Hal ini berbeda dengan saat PSBB awal beberapa waktu lalu. Layanan ojol sama sekali tidak bisa digunakan hingga akun motor di masing-masing aplikasi menghilang selama kurang lebih tiga bulan. Saat itu mitra pengemudi motor hanya bisa melakukan layanan pengantaran barang dan makanan saja.

Viral Curhat Penumpang Dipaksa Transfer Uang Rp100 Juta oleh Driver Taksi Online

Director of Government Affairs & Strategic Collaborations Grab, Uun Ainurrofiq, menyatakan apresiasinya kepada pemerintah yang masih mengizinkan layanan roda dua beroperasi.

Ia juga berjanji akan mempersiapkan sejumlah prosedur kesehatan dan keamanan. Uun menyebut jika Grab juga sudah mengambil tindakan pencegahan salah satunya menggunakan masker dan sarung tangan untuk mitra mereka.

Masker Beras Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Apa Saja?

Selain itu juga melakukan disinfeksi kendaraan serta tas pengiriman secara teratur, mencuci dan membersihkan tangan hingga melakukan kebijakan jaga jarak tanpa kontak bagi mitra pengiriman di Grab Food, Grab Express, Grab Fresh dan Grab Mart.

"Inisiatif ini sudah kami laksanakan di seluruh kota di Indonesia. Melalui kesempatan ini kami juga ingin mengimbau kepada seluruh pelanggan setia Grab untuk selalu menggunakan masker saat keluar dari rumah," kata dia kepada VIVA Tekno.

Screenshot aplikasi ojol milik Grab.

Pemain ride-hailing lain, Gojek juga menyatakan kesiapannya mematuhi peraturan PSBB kali ini. Chief of Corporate Affairs Gojek, Nila Marita, mengaku siap mendukung penuh keputusan itu.

Ia juga menambahkan jika layanan pengantaran menggunakan motor, yakni Goride tetap beroperasi. Selain itu Gocar dan GoBluebird tetap bisa digunakan dengan maksimal dua orang per kendaraan. Protokol kesehatan selama berkendara juga diwajibkan diikuti oleh seluruh mitra driver Gojek.

"Kami terus berkoordinasi dengan pemerintah, khususnya Pemprov DKI Jakarta, guna memperlancar pelaksanaan PSBB di lapangan. Kami juga akan terus melakukan komunikasi intensif kepada mitra driver kami untuk selalu mengikuti dan mematuhi arahan pemerintah," ujar Nila kepada VIVA Tekno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya