UGM Punya Alat Setara Swab Test, Deteksi COVID-19 dari Hembusan Nafas

Genose bikinan UGM.
Sumber :
  • Dok. UGM

VIVA – Universitas Gadjah Mada Yogyakarta membuat inovasi alat pendeteksi dan diagnosis seseorang terinfeksi COVID-19 atau tidak bernama Genose. Alat setara swab test itu digunakan lewat hembusan nafas seseorang yang sedang diperiksa.

Andai Tak Ada Championship Series, Borneo FC Sudah Juara Liga 1 Musim Ini

Genose dikerjakan oleh tim ahli lintas bidang ilmu di kampus tersebut yakni Dr. Eng. Kuwat Triyana, M.Si (FMIPA), dr. Dian Kesumapramudya Nurputra, Sp.A, M.Sc., Ph.D (FKKMK), Dr. Ahmad Kusumaatmaja (FMIPA), dr. Mohamad Saifudin Hakim, M.Sc., Ph.D (FKKMK), dan para mitra industri strategis.

Genose berbentuk seperti kubus. Alat ini dikatakan sangat handy dan mudah untuk dibawa ke mana-mana. Selain itu bisa dioperasikan seseorang dengan mandiri dan efisien.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Dikutip VIVA Tekno dari situs resmi UGM, Selasa, 15 September 2020, hembusan nafas seseorang akan diambil melalui sensor dan diolah datanya menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk mendeteksi lalu mendiagnosa.

Genose juga akan mendeteksi Volatile Organic Compound atau VOC yang terbentuk akibat infeksi COVID-19 yang dikeluarkan bersamaan saat hembusan nafas. Alat ini menggunakan sistem komputasi awan (cloud computing) untuk menghasilkan diagnosis pasien secara real-time.

Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN

Genose buatan UGM

Selain itu Genose juga bekerja secara paralel dalam proses analisis terpusat dalam sistem jadi validitas data bisa terjaga untuk semua alat yang terhubung.

Data-data yang dikumpulkan itu nantinya juga bisa dimanfaatkan, misalnya dalam pemetaan, pelacakan dan pemantauan penyebaran pandemi COVID-19 secara aktual.

Genose sudah melakukan uji profiling dengan 600 sampel data valid yang berasal dari Rumah Sakit Bhayangkara dan Rumah Sakit Lapangan Khusus COVID-19 Bambanglipuro – keduanya di Yogyakarta. Hasilnya akurat 97 persen.

Untuk tahap berikutnya, alat ini masuk tahap uji klinis. Langkah tersebut dilakukan secara bertahap dan tersebar di beberapa rumah sakit Indonesia. Genose diharapkan bisa digunakan sebelum akhir tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya