4 Platform Siap Pantau Kemacetan Saat Demo Jakarta Hari Ini

Peta digital.
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Aksi demo hari ini terkait penolakan UU Cipta Kerja digelar pada Selasa siang, 13 Oktober 2020 di depan Istana Merdeka, Jakarta. Peserta aksi merupakan gabungan dari elemen PA 212, GNPF Ulama, FPI, dan HRS Center.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Sejumlah jalan ditutup jelang aksi demo Jakarta, terutama seputaran Istana Merdeka, yakni Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Museum, Jalan Medan Merdeka Utara, Jalan Majapahit, Jalan Veteran.

Selain itu akan dilakukan penutupan secara situasional di Jalan Medan Merdeka Selatan dan Jalan Budi Kemuliaan.

Ternyata Vidi Aldiano Suka Berburu Free Ongkir dan Selalu Menang War Produk

Masyarakat juga bisa memantau arus lalu lintas melalui sejumlah platform untuk menghindari wilayah tempat demontrasi berlangsung. Berikut 4 platform yang bisa dimanfaatkan seperti dirangkum VIVA Tekno, Selasa, 13 Oktober 2020:

Google Maps

Trading Kripto untuk Pemula Cuan Hanya di Sini

Layanan peta digital milik Google ini akan menyajikan keadaan lalu lintas. Tinggal pilih menu Traffic untuk memperlihatkan daerah mana saja yang macet atau lancar, semuanya dibedakan berdasarkan warna pada ruas jalan.

Selain itu penutupan jalan juga bisa dicek di Google Maps. Hingga siang ini telah ada penutupan di ruas Jalan Medan Merdeka Barat, Medan Merdeka Utara, dan Majapahit.

Sama seperti Google Maps, Waze juga menyajikan keadaan lalu lintas di jalanan. Platform ini akan menunjukkan berapa lama waktu dan lewat jalur mana saja.

Selain itu juga akan menunjukkan waktu terbaik untuk pergi ke suatu tempat dengan memperhitungkan kemungkinan keadaan lalu lintas saat itu.

Di jalur yang ditempuh juga akan ditemui sejumlah ikon, misalnya penutupan atau notifikasi jalanan dari sesama pengguna. Selain itu juga bisa diketahui dari warna jalan untuk keadaan lalu lintas apakah macet atau tidak.

Molecool

Aplikasi ini akan menyajikan penampilan CCTV di sejumlah ruas jalan termasuk di ibukota. Masyarakat tinggal menginstall nya melalui App Store maupun Google Play Store.

Pengguna bisa melihat CCTV dengan membuat akun terlebih dulu. Lalu masuk ke fitur CCTV dan bisa mencari lokasi mana yang ingin dituju. Untuk mencari lokasi, masuk ke menu See All. Lalu ketik wilayah yang ingin dilihat keadaan lalu lintas.

Lewatmana.com

Layanan CCTV lainnya adalah laman lewatmana.com. Di sana juga bisa memantau keadaan jalanan ibu kota. Tinggal masuk ke laman lewatmana.com.

Lalu, masukkan wilayah mana yang ingin dicari. Jika tersedia pilih video untuk melihat pergerakan jalan secara langsung. Dalam menu statistik juga bisa melihat riwayat kepadatan lalu lintas setempat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya