Ponsel China Punya Pesaing Baru di Indonesia, Harganya Rp900 Ribuan

Ponsel Wiko
Sumber :
  • Wiko

VIVA – Merek China mendominasi pasar ponsel pintar atau smartphone di Indonesia. Sebut saja Xiaomi, Oppo, Realme hingga Vivo. Di luar itu ada Samsung dan Apple iPhone. Namun sekarang pesaing ponsel China bertambah lagi. Kali ini penantangnya datang dari Prancis. Namanya Wiko.

Ada Ponsel China Murah Rilis di Indonesia

Tak tanggung-tanggung, merek smartphone asal negeri Menara Eiffel itu meluncurkan tiga produknya sekaligus pada Jumat, 16 Oktober 2020. Ketiganya adalah Wiko View 4, Wiko View 4 Lite, dan Wiko Y61.

Baca: Ada Gangguan Proses IMEI, 2 Vendor Ponsel China Cuma Bilang Begini

Vivo V27 Klaim Punya Kamera Setara Flagship

Menurut Head of Commercial PT Wiko Mobile Indonesia, Agus Supangat, ketiga smartphone-nya itu dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau. Mulai dari Rp900 ribuan. Ia juga menyebut Wiko View 4 dan View 4 Lite adalah smartphone generasi keempat dari Seri View.

"Keunggulan utama dari dua smartphone ini terletak pada sektor layar, baterai, dan memori penyimpanan (ROM) dibandingkan dengan generasi sebelumnya," kata dia, Jumat, 16 Oktober 2020. Wiko View 4 disematkan baterai berkapasitas 5.000mAh yang dapat bertahan hingga 3 hari penggunaan untuk 1 kali pengisian daya.

Ponsel China Ini Pendatang Baru di Pasar Indonesia, 'Otaknya' Bikin Penasaran

Ponsel Wiko

Sedangkan Wiko View 4 Lite memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil, yaitu 4.000mAh. Layar Wiko View 4 dan View 4 Lite berdimensi 6,52 inchi beresolusi HD Plus dengan rasio 20:9, serta layar V-shape yang minimalis.

Pada sektor kamera belakang, Wiko View 4 dibekali tiga kamera, dengan kamera utama beresolusi 13 megapiksel, satu kamera bokeh resolusi 2 megapiksel, dan satu kamera super wide angle resolusi 5 megapiksel.

Untuk Wiko View 4 Lite dibekali dua kamera, dengan kamera utama beresolusi 13 megapiksel dan satu kamera bokeh resolusi 2 megapiksel. Dari segi perangkat keras atau hardware, Wiko View 4 dan View 4 Lite mengusung prosesor MediaTek Helio A25 dengan CPU octa-core 1.8 GHz fabrikasi 12 nm dan sistem operasi (OS) Android 10.

Fitur lain yang disematkan mencakup slot kartu Dual Nano-SIM serta slot MicroSD hingga 256GB. Sedangkan untuk Wiko Y61, yang merupakan smartphone entry-level, memiliki layar dan baterai besar.

Wiko Y61 ditenagai chipset MediaTek Helio A20 Quad-core 1.8 GHz dengan fabrikasi 12 nm yang hemat daya. Selain itu, Wiko Y61 memiliki layar luas, yaitu 6 inchi dengan panel layar IPS dan baterai berdaya 3.000mAh.

"Ketiga smartphone terbaru ini juga punya keunikan, di mana terdapat tombol akses khusus untuk mengakses Google Assistant secara langsung," ungkap Agus. Lantas, bagaimana dengan harganya?

Wiko View 4 untuk RAM 3GB dan ROM 64GB dibanderol Rp1,4 juta. Wiko View 4 Lite dengan RAM 2GB dan ROM 64GB seharga Rp1,2 juta, serta Wiko Y61 RAM 2GB dan ROM 32GB sebesar Rp975 ribu. Ketiganya akan dijual perdana lewat e-commerce Lazada Indonesia pada 19 Oktober mendatang pukul 10.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya