Bukan Cuma Gaya, Gadget Ini Bisa Jadi Dokter Pribadi

Smartwatch
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA – Smartwatch saat ini menjadi bagian tak terpisahkan dari sebagian besar orang. Perangkat ini dengan pintarnya bisa menampilkan berbagai notifikasi dari smartphone. 

Apple Watch 10 Dibekali Fitur Pengukur Tekanan Darah

Baca juga: Hore! Ada Game Indonesia di PlayStation 5

Namun, kebanyakan orang mengenakan smartwatch hanya untuk bergaya, seolah tidak ingin ketinggalan zaman. Padahal, ada fungsi lain dari peranti canggih tersebut, yakni sebagai dokter pribadi. Berikut contohnya, dilansir VIVA Tekno dari Popular Science Selasa 20 Oktober 2020.

Haylou RS5 Smartwatch Hadir dengan Display AMOLED 2.01"

Peringatan Bagi Kaum Mager

Jika kamu mager alias males gerak, smartwatch akan memperingatinya. Perangkat bisa melihat jika pengguna hanya menghabiskan waktu dengan duduk diam saja.

Smartwatch Ini Bukan Sekadar Perhiasan bagi Wanita

Smartwatch akan bergetar jika kamu tidak melakukan apa pun dalam rentang waktu tertentu. Fitur ini sudah tersedia di Apple Watch dan Fitbit, namun belum tersedia secara bawaan untuk Google Wear OS.
Fitbit Charge 3

Pendeteksi Kelainan Jantung

Atrial Fibrillation adalah kelainan jantung saat bilik atas berdebar, bukan berdetak seperti biasa. Hal ini membuat proses memompa darah jadi kurang efisien.

Pendeteksian ini telah tersedia dalam smartwatch, yakni fungsi elektrokardiogram (EKG), yang akan merekam sinyal listrik kecil dari detak jantung pengguna. Fitur ini sudah bisa dalam produk teranyar keluaran Apple, Samsung, Fitbit, dan Withings.

Gangguan Tidur

Gangguan ini membuat orang akan berhenti dan mulai bernapas tidak normal saat mereka tidur. Jika tidak ditangani, maka akan menyebabkan tekanan darah tinggi hingga meningkatkan risiko stroke dan kesulitan berkonsentrasi saat siang hari.

Hingga saat ini memang belum ada smartwatch yang mampu memperingatkan soal sleep apnea. Namun, beberapa bisa mengidentifikasi pola tidur gelisah. Selain itu Anda bisa mencari atau SpO2. Fungsi ini bisa memantau tidur lebih detail lagi.
Samsung Galaxy Watch Active

Masalah Pernapasan

Ada smartwatch yang memiliki sensor memantau saturasi oksigen darah. Contohnya Apple Watch 6 dan Samsung Galaxy Watch 3.

Stres

Pengguna smartwatch juga bisa memantau tingkat stres mereka lewat perangkat kecil di perangkat itu. Sejumlah produk juga sudah datang dengan fungsi tambahan yakni menghilangkan stres itu sendiri. Apple Watch memiliki aplikasi Breath, untuk mengingatkan pengguna bisa bernapas lebih dalam dan bermeditasi.

Diabetes

Fungsi ini memang belum tersedia dalam smartwatch apapun. Namun, pengembang WearOS sedang membuatnya agar bisa tersedia di Apple Watch. Idenya adalah dengan menggunakan teknik pembelajaran mendalam, mengekstrak lebih banyak informasi saat memantau detak jantung pengguna.
Apple watch.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya